Berita Hari Pertama Pendaftaran Capim KPK, 94 Orang Register Akun

by


Jakarta, Pahami.id

Panitia seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi untuk periode pendaftaran 2024-2029 dimulai hari ini, Rabu (26/6) hingga Senin (15/7).

Wakil Pansel KPK Arif Satria mengatakan, pada hari pertama pendaftaran, tidak ada calon pimpinan lembaga antirasuah yang mengumpulkan berkas pendaftaran melalui situs resmi.

Namun, 94 orang mendaftarkan akun.


“Sampai pukul 15.00 WIB belum ada yang menyerahkan dokumen. Namun yang mendaftarkan akun sudah ada 94 orang,” kata Arif dalam keterangan video, Rabu (26/6).

Arif menjelaskan, setelah berkas diserahkan ke Pansel, Pansel selanjutnya akan memastikan kesesuaian data calon dengan persyaratan yang telah ditetapkan.

Selanjutnya akan diumumkan hasil verifikasi berkas-berkas tersebut sebagai peserta yang lolos seleksi administrasi.

Pengumumannya akan dilakukan pada 24 Juli 2024, ujarnya.

Arif pun mengakui Pansel telah banyak menerima masukan dari berbagai elemen masyarakat terkait proses seleksi calon pimpinan KPK tahun 2024-2029.

Arif juga mengucapkan terima kasih atas minat dan perhatian masyarakat yang membantu Panitia Seleksi dalam melaksanakan pemilu. Dia meyakinkan Panel KPK akan berusaha semaksimal mungkin.

“Masukan tersebut antara lain perlunya mencari sosok yang mandiri, berintegritas, berkemampuan, memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat, dan juga memiliki rekam jejak kinerja yang baik,” kata Arif.

“Hal ini akan kami coba selesaikan pada proses seleksi nanti,” imbuhnya.

(KHR/ISN)