Berita Hanura Desak Pemerintah Batalkan Tapera: Pemaksaan bagi Pekerja

by


Jakarta, Pahami.id

pesta Hanura mendesak pemerintah untuk membatalkan program Tabungan Perumahan Rakyat (tape) yang kini menjadi polemik publik.

Sekjen Partai Hanura Benny Rhamdani menilai program Tapera merupakan bentuk pemaksaan terhadap buruh akibat penerapan iuran wajib.

Karena peraturannya berbau mandatori alias ‘paksaan’ terhadap buruh dan pengusaha. Partai Hanura mendesak pemerintah membatalkan peraturan perundang-undangan tersebut, kata Benny Rhamdani di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, dikutip dari detikcomSabtu (8/6).


Jika program Tapera ingin dilaksanakan, kata Benny, pemerintah harus melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada pihak-pihak terkait. Selain itu, memastikan pelaksanaan program tidak membebani masyarakat dan pengusaha.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Benny juga menilai pemerintah lalai dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dalam mendapatkan tempat tinggal.

“Fakta adanya kesenjangan kepemilikan rumah (terlambat) yang mencapai 16 juta orang. “Pastikan pemerintah lalai dalam mengurus dan memenuhi kebutuhan dasar tersebut,” ujarnya.

Benny juga menyinggung soal Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (Bapetarum PNS) yang sebelumnya mengatur agar aparatur sipil negara (ASN) tidak menerima gaji. Namun, lanjutnya, belum jelas nasib tabungan tersebut.

“Sekitar Rp 550 miliar lalu simpanannya belum tahu di mana,” kata Benny.

“Aturan ini sebaiknya disosialisasikan terlebih dahulu karena aturan tersebut berbau kewajiban alias ‘paksaan’ terhadap pekerja dan pengusaha,” imbuhnya.

Pemerintah sebelumnya mewajibkan pekerja untuk mengikuti Program Tapera. Mereka mewajibkan pengusaha untuk mendaftarkan pekerjanya sebagai peserta Tapera paling lambat Mei 2027.

Akibatnya, karyawan harus membayar iuran sebesar 3 persen. Total iurannya sebesar 0,5 persen ditanggung atau dibayar oleh pengusaha.

Sedangkan 2,5 persen lainnya ditanggung oleh karyawan. Kontribusi ini akan dipotong dari gaji karyawan setiap tanggal 10.

(pra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);