Berita Hamzah Haz Meninggal, Warga Diminta Kibarkan Bendera Setengah Tiang

by


Jakarta, Pahami.id

Sekretaris Kementerian Negara Pemerintah mengimbau masyarakat Indonesia untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada tanggal 25-27 Juli dalam rangka memperingati wafatnya Wakil Presiden RI ke-9. Hamzah Haz Rabu lalu (24/7).

Surat edaran tersebut ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan ditujukan kepada seluruh bupati, menteri, Panglima TNI, Kapolri, dan kepala lembaga pemerintah nonkementerian lainnya agar dapat diteruskan kepada anggota dan masyarakat luas.

“Kami diminta untuk mengibarkan Bendera Negara setengah tiang selama tiga hari berturut-turut mulai tanggal 25 Juli sampai dengan 27 Juli 2024,” demikian bunyi surat edaran tersebut.


Seruan tersebut mengacu pada Pasal 12 ayat (4), ayat (5), ayat (6) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Serta Pasal 47 ayat (2) huruf a, ayat (3), ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2018 tentang Protokol sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2019.

“Pada periode ini juga ditetapkan sebagai Hari Berkabung Nasional,” bunyi surat itu.

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz sebelumnya meninggal dunia di Jakarta, Rabu (24/7). Jenazah dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Cisarua, Bogor, Jawa Barat, pada hari yang sama.

Putra keempat Hamzah Haz, Nur Agus Haz membenarkan bahwa ayahnya tidak ada di RSPAD Gatot Subroto seperti yang tersebar di media sosial.

Agus menjelaskan, dirinya sedang berada di luar rumah saat mendengar kabar Hamzah Haz terjatuh di kamarnya. Ia menduga ayahnya terjatuh saat hendak menunaikan shalat duha usai bangun dari tidur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang hadir di rumah duka mengenang Hamzah sebagai negarawan yang telah mengabdi dengan baik pada negaranya.

“Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi kepada bangsa dan negara baik sebagai Wakil Presiden pada tahun 2001-2004 maupun pada jabatan-jabatan lain yang kita kenal bersama,” kata Jokowi.

Begitu pula dengan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla yang mengenang Hamzah Haz sebagai sosok yang mencintai masjid. Menurutnya, Hamzah Haz merupakan salah satu tokoh Islam Tanah Air yang mempunyai pemikiran unggul.

(khr/fra)