Berita Haiti Makin Mencekam dan Kacau, Negara Kini Dikuasai Bos Gangster

by


Jakarta, Pahami.id

Haiti menjadi semakin tegang dan kacau setelah Perdana Menteri Ariel Henry mengundurkan diri.

Negara ini juga didominasi oleh geng-geng yang menyebabkan kekacauan.


Pelabuhan. au Prince, ibu kota Haiti, adalah kota yang tenang. Suara helikopter menandakan seseorang beruntung bisa meninggalkan kota.

Dari laporan itu CNN, situasinya memburuk sejak bulan lalu. Mantan PM Henry yang terkepung memutuskan melarikan diri, lalu mundur. Namun, belum jelas siapa yang akan mengisi lowongan tersebut dan kapan.

Masyarakat masih takut untuk keluar rumah. Kota ini dipenuhi dengan pertempuran antara polisi dan geng. Suara tembakan dan kepulan asap ibarat makanan sehari-hari.

Semua pintu keluar dari kota telah diblokir oleh geng, begitu pula akses ke pelabuhan dan bandara internasional. Toko kelontong kehabisan makanan. SPBU kehabisan bensin. Rumah sakit kekurangan kantong darah.

Satu-satunya alat transportasi yang bisa memasuki kota adalah helikopter transfer pribadi. Beberapa pilot mengatakan ratusan orang mencantumkan nama mereka dalam daftar untuk meninggalkan ibu kota melalui udara.

“Sejauh yang saya ketahui, seluruh kota dijalankan oleh geng-geng,” kata seorang pilot CNN.

Hanya saja, mungkin hanya sedikit yang bisa keluar kota. Pasalnya, sewa helikopter bisa menghabiskan biaya lebih dari US$10 ribu. Meskipun sebagian besar penduduk berpenghasilan kurang dari US$4 sehari.

Dengan biaya yang mahal, tidak ada jaminan keselamatan terbang melalui zona perang. Pilot tidak dapat mengatakan kapan penerbangan berikutnya akan dilakukan.

“Saat Anda mendengar ping, ping peluru berlalu, Anda tidak ingin melakukannya lagi,” kata pilot lainnya.

Haiti berada dalam krisis sejak awal Maret ketika geng-geng menyerukan pengunduran diri Perdana Menteri Henry dan pemerintahannya. Untuk pertama kalinya, kelompok-kelompok dan aliansi-aliansi yang bersaing mulai menimbulkan kekacauan terkoordinasi di seluruh wilayah.

Polisi melakukan perlawanan tetapi sumber daya terbatas. Mereka juga sering menjadi sasaran, dengan beberapa kantor polisi diserang atau dibakar dalam dua minggu terakhir.

Di tengah tekanan kuat untuk melakukan sesuatu terhadap kekerasan di Port au Prince, Henry mengundurkan diri. Kekuasaan akan diserahkan kepada dewan transisi namun belum dibentuk.

Harapan terakhir negara ini adalah pengerahan pasukan asing untuk memperkuat polisi dan menghadapi geng-geng tersebut. Hal ini disetujui oleh Dewan Keamanan PBB yang diketuai Kenya.

Hanya saja, seiring berlanjutnya kebingungan, harapan tersebut memudar. Setelah pengunduran diri Henry, Kenya mengumumkan penundaan pengerahan pasukan dengan alasan ketidakstabilan dalam pemerintahan Haiti.

(lainnya/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);