Berita Gowes Sampai Madinah, 2 Pesepeda Indonesia Disambut Jemaah

by


Jakarta, Pahami.id

dua pengendara sepeda dari Indonesia, Winaryo Sutarmo dan Abdul Rahman, tiba di Madinah bersama-sama. Keduanya membuat heboh dan menjadi sasaran selfie peziarah di Madinah.

Tak hanya jemaah haji asal Indonesia saja yang antusias melihat Winaryo dan Rahman, jemaah haji dari negara lain juga terkesan dengan perjuangan kedua pesepeda asal Indonesia tersebut hingga bisa sampai ke Tanah Suci.

Winaryo merupakan pria asal Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Ia harus bersepeda sejauh 12 ribu kilometer selama lima bulan untuk sampai ke Tanah Suci.


“Kemarin Oktober 2023 saya berangkat. Saya sampai dulu di Mekkah. Perjalanannya ada naik turunnya juga ada tantangannya, Alhamdulillah atas izin Allah,” kata Winaryo pada Sabtu (29/6).

Bermodal Rp 5 juta dari Indonesia, Winaryo melewati Riau, Batam, Singapura, Malaysia, Thailand, Bangladesh, India, Pakistan, Iran, Irak, Yordania, dan Arab Saudi untuk menginjakkan kaki di Tanah Suci.

Winaryo kembali ke Indonesia dengan pesawat untuk menemui ibunya. Kini ia berencana pulang ke Indonesia dengan bersepeda.

Winaryo tiba di Madinah bersama Abdul Rahman, pria asal Bandar Lampung, yang juga bersepeda dari Indonesia ke Arab Saudi. Keduanya disambut hangat oleh jamaah haji Indonesia di Madinah.

“Perjalananku tujuh bulan. Aku tiba di Mekah pada bulan Ramadhan. Aku baru tiba di Madinah hari ini. Kita bertemu di Mekah. Kita bersepeda bersama dari Mekah ke Madinah. Kembali ke Indonesia? Insya Allah secepatnya. Kami’ Nanti kita lihat situasinya (apakah naik sepeda atau pesawat),” kata Rahman.

Abdul Rahman tiba di Arab Saudi pada 11 Maret 2024 setelah menempuh jarak 12.853 kilometer.

(Senin/Jumat)