Berita Golkar Gelar Munaslub Sepekan Jelang Pendaftaran Pilkada 2024

by


Jakarta, Pahami.id

berpesta Golkar memutuskan musyawarah nasional luar biasa (munaslub) pemilihan ketua umum final akan dilaksanakan pada 20 Agustus 2024. Agenda munaslub akan didahului dengan rapat pimpinan nasional (rapimnas).

“(Pada) 20 Agustus rencananya pagi hari kita akan membuka musyawarah nasional, kemudian pada malam harinya kita rencanakan agenda pembukaan Munas ke-11 Partai Golkar yang juga disepakati dan diputuskan akan dilaksanakan di Jakarta,” kata Plt Ketua Umum Golkar itu Agus Gumiwang Kartasasmita usai Rapat Paripurna Golkar di Jakarta, Selasa (13/8) malam.


Adapun dalam agenda Rapimnas Nasional dan Musyawarah Nasional Golkar pada 20 Agustus mendatang, tepat tujuh hari telah berlalu sejak KPU membuka masa pendaftaran calon bupati pada Pilkada 2024 yang dibuka pada 27-29 Agustus 2024.

Agenda Munas digelar setelah Airlangga Hartarto tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatan Ketua Umum Golkar. Airlangga sudah mengundurkan diri sejak Sabtu (10/8), namun video pengunduran dirinya tersebar pada Minggu (11/8).

Melalui rapat paripurna tadi malam, Agus Gumiwang terpilih menjadi Plt Ketua Umum Golkar. Dia akan menjabat sampai ketua jenderal terakhir diangkat. Agus sempat menyatakan tak akan ikut serta dalam pemilihan Ketua Umum Golkar.

Sehubungan dengan itu, saat ini muncul beberapa nama yang menjadi calon kuat Ketua Umum Golkar pengganti Airlangga. Beberapa di antaranya adalah Bahlil Lahadalia dan Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Bahlil adalah Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Sedangkan Bamsoet saat ini menjabat sebagai Ketua DPR RI.

(mab/tsa)