Berita Gibran Bantah ‘Bocoran’ Daftar Kabinet yang Viral di Medsos

by


Jakarta, Pahami.id

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menjawab pertanyaan netizen soal susunan kabinet bersamanya Prabu Subianto setelah dilantik pada Oktober 2024.

Dia menegaskan, bocoran susunan kabinet yang viral di media sosial tidak benar.

“Tidak,” tulis Gibran melalui akun X (Twitter) @gibran_tweet, Selasa (20/2).


Pernyataan serupa juga disampaikan Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran dan Wakil Sekretaris Partai Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Katanya, daftar menteri itu palsu.

Nama Sara ada dalam daftar. Ia menjabat sebagai Menteri Sosial, Perempuan dan Kesejahteraan Anak.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Semua bocoran kabinet dari pengalaman kami biasanya hoaks. Kenapa? Karena itu biasanya asumsi dan prediksi masyarakat. Prediksi tentu bisa salah atau benar, tapi dari pengalaman kami seringkali salah,” kata Sara melalui pesan singkat, Selasa.

Sara mengatakan, TKN masih menunggu penghitungan dan rekapitulasi resmi pemilu 2024 dari KPU. Oleh karena itu, dia mengatakan, Prabowo-Gibran terbuka menerima semua pihak yang bergabung dalam pemerintahan.

“Jangan lupa kami masih terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung dalam pemerintahan ke depan. Pak Prabowo sudah memastikannya,” ujarnya.

Saat ini, Prabowo-Gibran unggul jauh atas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD berdasarkan penghitungan cepat Pilpres 2024. Pilpres diprediksi hanya akan berlangsung satu putaran.

Daftar susunan kabinet Prabowo-Gibran pun tersebar di media sosial. Informasi yang tersebar di media sosial X menyebutkan nama kabinet Prabowo adalah Kabinet Indonesia Emas.

Kabinet tersebut memuat kedudukan Menteri Muda seperti struktur Kabinet Kerja Pertama era Presiden Sukarno.

Dalam bocorannya, Presiden Jokowi dan mantan Presiden ke-6 RI SBY masuk dalam daftar. Jokowi menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, SBY sebagai wakilnya.

Posisi Menteri Keuangan diisi oleh Chief Executive Officer perusahaan energi Indika Energy, Wishnu Wardhana. Ia juga merupakan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran.

Sedangkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dijabat oleh Ketua PBB Yusril Ihza Mahendra dan Menteri Agama masih dijabat oleh Yaqut Cholil Qoumas.

Lalu, ada dua kursi menteri tingkat bawah, yakni Wakil Menteri Sosial, Perempuan dan Anak yang diisi Grace Natalie, dan Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga yang dijabat Arief Rosyid Hasan.

(mnf/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);