Berita Gencatan Senjata Israel-Hamas Resmi Diperpanjang 2 Hari

by

Jakarta, Pahami.id

Gencatan senjata antar tentara Israel dengan grup Hamasresmi diperpanjang selama dua hari mulai Selasa (28/11) pagi waktu setempat.

“Kesepakatan telah dicapai untuk memperpanjang jeda kemanusiaan selama dua hari tambahan di Jalur Gaza,” kata pemerintah Qatar, yang menjadi perantara kesepakatan tersebut, seperti diberitakan. Reuters.

Pasca kabar perpanjangan gencatan senjata, militer Israel pun mengonfirmasi bahwa 11 sandera telah dibebaskan dan kini telah tiba di wilayah Israel.


Menurut Qatar, sandera yang dibebaskan termasuk tiga warga negara Prancis, dua warga negara Jerman, dan enam warga negara Argentina.

Sementara itu, Hamas juga mengaku telah menerima daftar nama 33 warga Palestina yang akan dibebaskan dari penjara Israel selama perpanjangan gencatan senjata.

Dalam perjanjian awal, Israel setuju untuk menambah satu hari gencatan senjata untuk setiap 10 sandera Hamas yang dibebaskan dari Gaza.

Artinya, selama 2 hari tambahan gencatan senjata, akan ada sekitar 20 sandera yang dibebaskan dari Gaza. Sementara itu, Israel juga sepakat untuk membebaskan tahanan Palestina dari penjara Israel sebanyak tiga kali lipat, artinya akan ada sekitar 60 warga Palestina yang akan dibebaskan.

Hingga Minggu (26/11) lalu, Hamas telah membebaskan total 58 sandera dari Gaza. Israel telah membebaskan 117 tahanan Palestina dari penjara Israel.

Gencatan senjata yang disepakati pekan lalu merupakan terobosan pertama dalam lebih dari tujuh minggu agresi Israel terhadap Palestina.

Dalam invasi ini, pemerintah di Gaza menyatakan lebih dari 15 ribu orang tewas, dimana lebih dari separuh korbannya adalah perempuan dan anak-anak.

Pada perjanjian pekan lalu, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu juga mengklaim bahwa ketika gencatan senjata berakhir mereka akan “kembali dengan kekuatan penuh”.

“Kami akan kembali dengan kekuatan penuh untuk mencapai tujuan kami: melenyapkan Hamas; memastikan Gaza tidak akan pernah kembali seperti semula; dan tentu saja pembebasan semua sandera kami,” kata Netanyahu.

[Gambas:Video CNN]

(bpa/dna)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);