Berita Gempa M 5,9 Guncang Turki, Warga Lari Berhamburan ke Jalan

by


Jakarta, Pahami.id

Beberapa daerah di timur Turki diguncang gempa berkekuatan 5,9 pada Rabu (16/10) waktu setempat. Belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa akibat gempa ini.

“Sejauh ini tidak ada korban jiwa atau kerusakan harta benda pasca gempa berkekuatan 5,9 skala Richter,” menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Turki, dikutip AFP.


Gempa terjadi sekitar pukul 10.46 waktu setempat di provinsi Malatya. Wilayah tersebut juga pernah diguncang gempa besar pada Februari 2023 yang menewaskan lebih dari 53 ribu orang.

Getaran gempa terasa kuat di beberapa kota besar di wilayah tersebut termasuk Diyarbakir yang terletak sekitar 140 kilometer ke arah tenggara.

Saat merasakan gempa, masyarakat di beberapa kota lari ke jalan, sementara yang lain berlindung saat gempa terjadi.

Tak lama setelah laporan tersebut, Menteri Dalam Negeri Turki Ali Yerlikaya mengatakan tiga bangunan “runtuh sebagian” di tiga wilayah terpisah. Layanan darurat juga menerima lusinan panggilan bantuan setelah gempa bumi.

Para pejabat di Malatya juga mengatakan sejauh ini tidak ada “perkembangan negatif” yang dilaporkan. Namun, gubernur provinsi mengumumkan penutupan sekolah dasar dan menengah hingga besok.

(Dna)