Berita Fraksi PDIP Pertimbangkan Ajukan Catatan Keberatan Revisi UU MK

by


Jakarta, Pahami.id

Pecahan PDIP DPR RI sedang mempertimbangkan untuk mengajukan nota keberatan alias keberatan rendah hati Catatan tentang tinjauan hukum Mahkamah Konstitusi (MK) yang saat ini bersaing di DPR. Kritik terhadap RUU Mahkamah Konstitusi juga disampaikan melalui keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP.

“Tentu kami rendah hati Catatan,” kata Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul di kompleks parlemen, Jakarta, Senin (27/5).


Komisi III DPR dan pemerintah sebelumnya menggelar rapat untuk menyetujui RUU Mahkamah Konstitusi tingkat pertama. Rapat digelar tertutup di luar sidang DPR. Kini, RUU MK tinggal selangkah lagi disahkan menjadi undang-undang dalam sidang paripurna.

Ada tiga hal yang direvisi dalam RUU Mahkamah Konstitusi, yakni Pasal 23A, Pasal 27A, dan Pasal 87. Ketentuannya salah satunya, hakim konstitusi baru dapat melanjutkan tugasnya setelah mendapat persetujuan dari lembaga yang mengusulkan, yakni DPR. , Mahkamah Agung, dan pemerintah.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri mengecam proses pembahasan RUU tersebut yang dinilai melanggar aturan. Hal itu disampaikan Mega dalam sambutannya pada pembukaan Rapat Kerja Nasional ke-5 PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (24/5).

Bayangkan jika menggunakan uji UU Mahkamah Konstitusi yang menurut saya prosedurnya tidak tepat, kata Mega.

Mega mengkritik pengesahan RUU Mahkamah Konstitusi tingkat pertama saat jeda. Karena itu, Mega bahkan mengaku memanggil ketua marga Utut Adianto.

“Tiba-tiba saat istirahat, saya bertanya-tanya di mana Pak Utut?” dia berkata.

(mnf/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);