Berita Forum Kepulauan Pasifik ‘Singkirkan’ Taiwan karena Komplain China

by


Jakarta, Pahami.id

Forum Negara-negara Kepulauan PasifikForum Kepulauan Pasifik) singkirkan Taiwan dari komunike yang dikeluarkan Jumat lalu (30/8) setelah adanya keluhan dari utusan tersebut Cina.

Pemerintah Taiwan di Taipei juga mengecam tindakan ini sebagai ‘campur tangan brutal’.


Mengutip dari Reuters, Negara-negara blok Pasifik memiliki hubungan diplomatik dengan Tiongkok. Namun, Tiongkok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap infrastruktur 15 dari 18 anggota Blok tersebut.

Utusan Tiongkok menyatakan Taiwan merupakan salah satu wilayahnya sehingga tidak berhak menjalin hubungan antar negara, termasuk dengan negara kepulauan Pasifik.

Sebelumnya, komunike yang dikeluarkan Jumat lalu di situs forum memuat bagian berjudul Hubungan dengan Taiwan/Republik Tiongkok‘. Dikatakan bahwa para pemimpin negara tersebut menegaskan kembali keputusan yang dibuat pada tahun 1992 mengenai hubungan dengan ‘Taiwan/Republik Tiongkok’.

Namun, pada Jumat malam, komunike tersebut dihapus dari situs web tersebut menyusul tanggapan marah dari Tiongkok. Dan, komunike baru telah diposting pada Sabtu pagi dengan kata ‘Taiwan’ dihapus.

Pada hari Jumat, utusan khusus Tiongkok untuk Kepulauan Pasifik, Qian Bo, mengatakan kepada wartawan di Tonga bahwa penyebutan ‘Taiwan’ dalam komunike tersebut adalah sebuah kesalahan.

Qian juga melobi agar Taiwan dikeluarkan dari forum fungsional resmi.

Sekretariat forum tidak menanggapi permintaan komentar Reuters.

(Reuters/anak)