Berita Filipina Tuding China Sengaja Tembakkan Meriam Air ke Kapalnya

by


Jakarta, Pahami.id

Filipina tersangka petugas penjaga pantai Cina menembakkan meriam air hingga mengganggu operasional tiga kapal pemerintah milik negaranya.

Meriam air tersebut diduga ditembakkan saat ketiga kapal tersebut sedang mengirimkan pasokan kepada nelayan Filipina di dekat terumbu karang yang dikuasai Tiongkok di Laut Cina Selatan.


Satuan Tugas Nasional untuk Laut Filipina Barat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “kapal Penjaga Pantai Tiongkok menggunakan meriam air untuk mencegah” kapal pemerintah mengirimkan pasokan bahan bakar dan makanan ke kapal penangkap ikan.

Laporan dari AFPInsiden tersebut terjadi di dekat Scarborough Shoal, titik pertemuan antara Manila dan Beijing, yang mengklaim hampir seluruh jalur air tersebut.

Sebuah video yang dirilis oleh Penjaga Pantai Filipina menunjukkan sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok menembakkan meriam air ke kapal Biro Perikanan dan Sumber Daya Perairan Filipina, menghantam kapal tersebut dengan semburan air yang kuat.

Tiongkok menguasai Scarborough Shoal dari Filipina pada tahun 2012. Sejak itu, Beijing telah mengerahkan kapal patroli yang menurut Manila mengganggu kapal-kapal Filipina dan mencegah nelayan Filipina mencapai laguna di mana penangkapan ikan lebih banyak.

Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut tahun 1982, yang dibantu oleh Tiongkok untuk dinegosiasikan, negara-negara mempunyai yurisdiksi atas sumber daya alam dalam wilayah sekitar 200 mil laut (370 kilometer) dari pantai mereka.

(del/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);