Berita Fakta-fakta Insiden Suara Tembakan saat Donald Trump Bermain Golf

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Tim kampanye yang menang Donald Trump mengatakan ada suara tembakan dekat calon presiden AS yang diusung Partai Republik saat bermain golf, Minggu (15/9).

Tembakan tersebut disebut terjadi berkali-kali dan dilakukan di dekat lapangan golf Trump di West Palm Beach, Florida.

CNNIndonesia.com telah merangkum beberapa fakta terbaru dugaan penembakan tersebut, sebagai berikut:


Donald Trump aman

Donald Trump menyatakan dirinya ‘aman dan sehat’ dalam email yang dikirim ke penggalangan dana. Diakuinya pula ada suara tembakan saat itu.

“Sebelum rumor mulai menyebar tak terkendali, saya ingin Anda mendengar ini terlebih dahulu: SAYA AMAN DAN BAIK,” tulis Trump.

“Tidak ada yang bisa menghentikanku. AKU TIDAK AKAN MENYERAH! Aku akan terus mencintaimu karena telah mendukungku,” tambahnya.

Dinas Rahasia melepaskan beberapa tembakan

Anggota Secret Service yang ditugaskan melindungi Trump melihat senjata di sekitar lapangan golf yang merupakan fasilitas milik Trump. Mereka kemudian melepaskan tembakan setidaknya empat kali.

Orang yang memegang senjata disebut menjatuhkan pistol, dua tas, dan barang lainnya, lalu melarikan diri dengan mobil Nissan berwarna hitam.

Ada saksi yang melihat pelaku lalu mengambil gambar mobil dan plat nomornya. Polisi setempat kemudian bergegas mencari pelaku dan berhasil menangkapnya.

Senjata api jenis AK-47 ditemukan

Dalam peristiwa penembakan di lapangan golf Donald Trump, ditemukan barang bukti senjata api jenis AK-47 dan teropong, serta dua tas ransel dan kamera GoPro di lokasi kejadian. (AFP/ROBYN BECK)

Dalam kejadian tersebut, ditemukan barang bukti senjata api jenis AK-47 dan teropong beserta dua tas ransel dan kamera GoPro di lokasi kejadian.

Hal tersebut juga disinggung putra Trump, Donald Trump Jr, mengutip pernyataan penegak hukum setempat, melalui akun media sosial X, Minggu (15/9).

FBI mencurigai adanya percobaan pembunuhan

FBI menyebut penembakan itu seperti ‘upaya pembunuhan’ terhadap Trump.

FBI saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut.

Pasalnya, terdengar suara tembakan dari luar lapangan golf dan terdengar beberapa kali tembakan.

“FBI telah merespons West Palm Beach, Florida dan sedang menyelidiki apa yang tampaknya merupakan percobaan pembunuhan terhadap mantan Presiden Trump,” kata FBI dalam pernyataannya, dilansir Reuters.

Pihak berwenang telah mengetahui nama-nama tersangka pelaku

Tersangka penembak melarikan diri dengan sebuah SUV. Kabar terbaru pelaku telah ditangkap menurut pernyataan Sheriff Martin County William Snyder seperti dilansir CNN.

Tersangka yang ditangkap adalah Ryan Wesley Routh (58). Informasi ini diperoleh dari tiga sumber penegak hukum.

Dinas Rahasia juga mengungkapkan pria bersenjata itu berada 300 hingga 500 meter dari Trump. Pelaku bersembunyi di semak-semak yang berbatasan dengan lapangan golf hanya beberapa lubang di depan tempat Trump berada.

Biden-Kamala lega Trump aman

Gambar kecil video BidenPresiden Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris lega mengetahui Donald Trump selamat dari insiden penembakan di lapangan golf pada Minggu (15/9). (Foto: Reuters)

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris merasa lega mengetahui bahwa Donald Trump selamat.

“Presiden dan wakil presiden diberi pengarahan mengenai insiden keamanan di Lapangan Golf Internasional Trump, tempat mantan Presiden Trump bermain golf. Mereka lega mengetahui dia selamat,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

(jam/pua)