Berita Eri Cahyadi-Armuji Dibuntuti Ahmad Dhani-Bayu

by


Surabaya, Pahami.id

Riset dan Konsultasi Eksakta Indonesia (ARCI) merilis hasil survei elektabilitas sejumlah tokoh dan pasangan yang masuk bursa Pilkada Daerah Kota Surabaya 2024.

Pasangan Eri Cahyadi-Armuji berhasil meraih juara pertama. Sementara duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga dibayangi di belakang.


Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan, pihaknya melakukan survei simulasi terhadap dua pasangan calon, yakni pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji dan musisi yang juga kader Gerindra Ahmad Dhani-Bayu Airlangga.

Hasilnya, Eri-Armuji memimpin dengan 39,7 persen, sedangkan Dhani-Bayu 28,2 persen, kata Baihaki di Surabaya, Jumat (31/5).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Baihaki mengatakan keunggulan Eri-Armuji masih belum aman. Menurut dia, responden yang belum menentukan pilihan masih tinggi dan bisa ditandingi calon lainnya.

“Ada 32,1 persen responden yang belum menentukan pilihan atau belum menjawab. Menurut kami, jumlah responden tersebut mencerminkan pemilih di Surabaya masih mengambang atau belum menentukan pilihan yang masih sangat tinggi,” ujarnya. .

Selain simulasi Eri-Armuji melawan Dhani-Bayu, ARCI juga melakukan simulasi Eri-Armuji terhadap pasangan kader Gerindra dan pengusaha Hendro Gunawan-Hendy Setiono.

Hasilnya elektabilitas Eri-Armuji sebesar 39,9 persen, sedangkan Hendro-Hendy berada di angka 19,4 persen. Responden yang belum mengambil keputusan sebanyak 40,7 persen.

Lalu ada simulasi Eri Cahyadi-Armuji 39,7 persen versus Bayu Airlangga-Hadi Dediansyah 26,7 persen. Terdapat 33,6 persen responden yang belum mengambil keputusan.

Dalam survei ARCI simulasi calon Wali Kota Surabaya, petahana Eri Cahyadi masih menempati peringkat pertama dengan perolehan 37,8 persen, disusul pentolan Dewa 19 Ahmad Dhani dengan perolehan 15,7 persen, dan kader Ketua Projo Jatim Bayu Airlangga dengan perolehan 14,6 persen.

Lalu ada nama mantan Sekda Kota Surabaya Hendro Gunawan sebesar 8,4 persen. Lalu ada pengusaha muda yang juga Chief Executive Officer Baba Rafi, Hendy Setiono 5,2 persen.

Sedangkan pada simulasi Wakil Wali Kota Surabaya, elektabilitas Armuji mencapai 35,8 persen, Bayu Airlangga 25,5 persen, Hendy Setiono 13,1 persen, Hadi Dediansyah 8,7 persen, dan Arif Fathoni 3,2 persen.

“Ada 13,7 persen responden yang belum menentukan pilihan,” ujarnya.

Survei ARCI dilakukan pada tanggal 20-27 Mei 2024 dengan menggunakan metode stratified stratified random sampling. Survei ini dilakukan di 31 kecamatan se-Kota Surabaya. Total responden berjumlah 1.000 orang, dengan margin of error 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

ARCI merupakan salah satu dari 81 lembaga survei yang terdaftar di KPU. ARCI dinyatakan memenuhi hasil seleksi administrasi dan memenuhi ketentuan sesuai Peraturan KPU (PKPU) Nomor 9 Tahun 2022 tentang Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Walikota dan Wakil Walikota.

(frd/fra)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);