Berita Erdogan Murka, Sumpahi Netanyahu Bernasib Sama seperti Hitler

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan dikecam keras Israel atas serangannya terhadap kamp pengungsi Rafah, yang menewaskan 45 warga sipil.

Ia begitu marah hingga menyebut Israel sebagai “negara teroris”. Tak hanya itu, Erdogan juga mengecam Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang mengalami nasib yang sama seperti diktator Nazi Jerman, Adolf Hitler, dan penjahat perang lainnya.


“Netanyahu dan jaringannya berusaha memperluas cengkeraman kekuasaannya dengan membantai rakyat karena mereka tidak bisa mengalahkan Palestina,” kata Erdogan dalam seminar di Adnan Menderes Conference Center, Istanbul, Senin (27/5).

“Netanyahu tidak akan bisa menyelamatkan dirinya dari penyesalan seperti itu [mantan Presiden Yugoslavia Slobodan] Milosevic, [mantan presiden Serbia Bosnia Radovan] Karadzic, dan [diktator Nazi Jerman Adolf] Hitler yang dia tiru,” lanjut Erdogan seperti dikutip Pemantau Timur Tengah.

Erdogan kemudian menegaskan bahwa negaranya akan melakukan apa pun untuk meminta pertanggungjawaban Israel atas semua kejahatan yang mereka lakukan terhadap Palestina.

Pasukan Israel melancarkan serangan udara ke kamp pengungsi di Rafah, selatan Gaza, pada Minggu (26/5), menewaskan 45 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya.

Israel mengklaim serangan itu menyasar wilayah Hamas. Dua pejabat senior Hamas diduga tewas dalam serangan itu.

Namun serangan udara tersebut justru menimbulkan kebakaran besar di tenda-tenda warga sipil yang mengungsi di Tel Al-Sultan. Banyak anak-anak, wanita dan orang tua meninggal akibat kebakaran tersebut.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari mengatakan pihaknya “tidak menyangka” serangan itu akan menyebabkan kebakaran di kamp pengungsi sipil. Dia kemudian mengatakan serangan mereka tidak disengaja.

(blq/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);