Berita Emil Dardak Jawab Tuduhan Beri Sontekan ke Gibran di Debat Pilpres

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menanggapi tudingan ‘curang’ kepada Gibran Rakabuming Raka saat debat Pilpres 2024.

Emil yang saat itu menjadi juru bicara Gibran menjelaskan, persiapan debat melibatkan banyak orang dalam tim. Ia pun mengatakan, mungkin tanpa sadar ia teringat akan pelatihan Gibran.

“Kita mungkin juga ikut secara tidak sadar. Namun, saya tidak yakin apakah, saya bahkan tidak ingat, apakah saya juga secara tidak sadar diam atau berdoa. Karena kami berharap pertunjukannya benar-benar bagus.” Saya tidak ingat, terus terang saya tidak ingat,” kata Emil saat ngobrol Apa Faktanya Podcast! Politik Pahami.id, Selasa (5/3).


Menurut Emil, dirinya dan tim yang terlibat dalam persiapan debat Gibran lebih seperti rekan diskusi. Kata dia, tidak ada instruksi khusus yang memerintahkan Gibran berbicara atau menampilkan gestur tertentu.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Dijelaskannya, Gibran juga terlibat penuh dalam penyusunan draf dokumen tersebut pernyataan penutup dalam debat pemilihan presiden.

“Itu saat latihan saya mencobanyapraktik dan sempurna pernyataan penutup, hanya itu yang bisa saya katakan drafPilihan diksinya banyak yang merupakan pilihan langsung dari Pak Gibran. Bukan, ‘Pak, baca ini’,” ujarnya.

Emil menyebut tas yang sering dibawa Gibran. Tas itu, diklaimnya, berisi setumpuk kertas yang pernah dipelajari Gibran.

Selain itu, Emil juga membantah Tim 02 mendapat bocoran soal dari KPU. Ia mengatakan, Gibran dan tim melakukan simulasi ratusan soal.

“Ada yang bilang mungkin ada yang bocor. Oh, kita sedang simulasi, jangan salah, jangan sedih, hampir 100 kombinasi soal,” kata Emil.

Ia pun menanggapi tudingan penggunaan alat komunikasi untuk berbisik kepada Gibran. Menurut Emil, hal itu secara teknis tidak mungkin dilakukan.

(pop/tsa)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);