Berita Eks Jubir KPK Febri Diansyah Jadi Saksi Sidang SYL Hari Ini

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Juru Bicara KPK Februari Diansyah akan menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan penerimaan uang hadiah oleh mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dkk pada hari ini, Senin (3/6).

Untuk lebih mengungkap dan mempertajam aliran uang terdakwa Syahrul Yasin Limpo dkk, Senin (3/6), di Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, tim jaksa akan menghadirkan saksi Febri Diansyah (Jaksa) , kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Senin (3/6).

Febri memastikan akan menghadiri panggilan pengadilan. Febri sebelumnya diperiksa tim penyidik ​​KPK. Dengan kata lain, dia adalah bagian dari saksi dalam berkas tersebut. Febri juga dilarang KPK bepergian ke luar negeri.


Febri kemudian diperiksa terkait dokumen legal opinion (LO) SYL dan anak buahnya yang ditemukan tim penyidik ​​KPK saat menggeledah kediaman para pihak yang terlibat kasus ini.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Tim JPU KPK hari ini juga memanggil empat orang saksi lagi. Mereka adalah Dhirgaraya S. Santo (GM Media Radio Prambors/PT Bayureksha); Dedi Nursyamsi (Kepala Badan Pengembangan Pertanian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pertanian); Sugiyatno (Karumga Rumdin Menteri Pertanian); dan Yusgie Sevyahasna (Staf TU, ​​Direktorat Alat dan Mesin Pertanian).

SYL bersama dua terdakwa lainnya yakni Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Kementerian Pertanian Muhammad Hatta diadili atas tuduhan pemerasan hingga Rp44.546.079.044 dan gratifikasi yang dianggap suap sebesar Rp40.647.444.494 untuk periode 2020-2023.

Sementara SYL juga telah ditetapkan KPK sebagai tersangka dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Kasusnya masih dalam penyelidikan di KPK.

(ryn/bmw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);