Berita Dua Poin yang Akan Dibahas Jokowi saat Jamu Paus Fransiskus di Istana

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak isu global yang akan mereka bahas bersama Paus Fransiskus yang akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September.

Jokowi mengatakan salah satu topik utama yang akan dibicarakan dengan para pemimpin Katolik dunia adalah isu perdamaian dunia. Jokowi dijadwalkan menjamu Paus Fransiskus di Istana Merdeka, Jakarta, pada 4 September.


“Yang akan kita bicarakan dengan beliau adalah perdamaian dalam segala konflik perang, baik di Gaza maupun di Ukraina,” kata Jokowi usai meresmikan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Kamis (29/8).

Selain konflik di dunia, Jokowi juga akan membahas berbagai permasalahan global lainnya yang menjadi perhatian keduanya.

Jokowi pun memastikan skema kedatangan Paus sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, khususnya terkait penyelenggaraan misa di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion GBK Madya yang akan dihadiri kurang lebih 80 ribu orang pada Kamis (5). /9).

“Ya, bila memungkinkan aku akan bersamanya [mengunjungi Istiqlal atau GBK],” kata Jokowi.

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Menurut catatan, kunjungan tersebut merupakan kali ketiga pemimpin besar Katolik itu datang ke Indonesia.

Dalam kunjungannya pada September mendatang, Paus Fransiskus juga akan mengunjungi beberapa negara tetangga seperti Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura. Indonesia adalah negara pertama yang ia kunjungi.

(jam/rds)