Berita Dua Hari Seleksi Calon Menteri Prabowo di Kertanegara Tanpa Kader PDIP

by


Jakarta, Pahami.id

Belum ada calon menteri yang datang PDIP selama Presiden terpilih Prabu Subianto menggelar pemanggilan calon selama dua hari terakhir, Senin (14/10) dan Selasa (15/10), di rumahnya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan.

Prabowo berencana menggelar pembekalan kepada calon pembantu kabinetnya di rumahnya di Hambalang, Bogor, Rabu (16/10) ini.

Total ada 108 calon menteri, wakil menteri, dan kepala lembaga yang bertemu Prabowo dalam dua hari terakhir di rumah Kertanegara. Namun, belum ada calon menteri yang merupakan kader PDIP.


Selasa lalu, kader senior PDIP Pramono Anung mampir ke rumah Prabowo. Namun, dia tidak menjelaskan apakah dirinya datang sebagai calon menteri atau menjadi penghubung komunikasi antara PDIP dan Prabowo.

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3 tak memberikan informasi apa pun kepada media massa. Ia langsung meninggalkan rumah Kertanegara usai bertemu dengan Prabowo.

Saat dikonfirmasi terpisah, Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul enggan menjelaskan maksud kedatangan Pramono. Dia mengatakan, belum ada kader PDIP yang datang ke kediaman Prabowo untuk pemilihan menteri.

“Nah, itu alasannya. Ah nanti saya lihat,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/10).

Bambang menjelaskan, ada perbedaan pandangan di PDIP terkait rencana bergabung dengan pemerintahan Prabowo. Dia mengatakan ada kelompok yang menginginkan PDIP masuk ke kabinet Prabowo.

Ada juga kelompok yang menginginkan PDIP masuk pemerintahan, tapi tidak sekarang. Selain itu, ada juga pihak yang tidak ingin PDIP masuk ke kabinet Prabowo.

“Yang berkembang adalah berkembangnya perbedaan pendapat antar teman,” ujarnya.

Sementara itu, Juru Bicara PDIP yang juga Pramono Anung – Juru Bicara Rano Karno di Pilgub Jakarta, Chico Hakim, menegaskan kunjungan ke rumah Prabowo bertujuan untuk menyampaikan pesan Jenderal PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mas Pram bertemu dengan Pak Prabowo Subianto semata-mata sebagai utusan Ibu Megawati Soekarnoputri, kata Chico dalam kesaksiannya, Selasa (15/10).

Kata Chico, kondisi tersebut membuktikan Pramono selalu diterima oleh seluruh partai di level elit politik. Ia pun menilai Pramono merupakan sosok komunikator yang baik.

Chico pun memastikan Pramono akan tetap menjadi calon gubernur DKI Jakarta dan bukan calon menteri yang diusung Prabowo.

Soal Pilkada, Mas Pram tetapbertarung‘ Sebagai calon gubernur, bukan sebagai calon menteri,” ujarnya

Terpisah, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, pihaknya sudah melakukan kontak dengan PDIP. Menurutnya, komunikasi berjalan cukup baik.

Dia mengatakan, ada beberapa kali pertemuan antara elite kedua partai. Meski begitu, dia mengaku belum bisa membeberkan hasil pertemuan tersebut.

Tapi ada beberapa komunikasi, kami mohon media bersabar menunggu hal-hal tersebut, kata Dasco.

(anak/anak)