Berita DK PBB Segera Voting Resolusi Gencatan Senjata di Gaza usai Didesak AS

by


Jakarta, Pahami.id

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) PBB) akan melakukan pemungutan suara pada Senin malam (10/6) mengenai rancangan resolusi yang mendukung rencana gencatan senjata di GazaPalestina.

Dilaporkan Reuters, AS menyelesaikan RUU tersebut pada hari Minggu setelah enam hari negosiasi di antara 15 anggota dewan. Belum jelas apakah veto Rusia dan Tiongkok akan memungkinkan rancangan tersebut diterapkan.

Resolusi DK PBB memerlukan setidaknya sembilan suara setuju dan tidak ada veto dari AS, Prancis, Inggris, Tiongkok, atau Rusia untuk dapat disahkan.


Presiden AS Joe Biden sebelumnya mempresentasikan rencana gencatan senjata tiga fase pada 31 Mei yang ia gambarkan sebagai inisiatif Israel.

Beberapa anggota Dewan Keamanan mempertanyakan apakah Israel telah menerima rencana untuk mengakhiri pertempuran di Gaza.

Rancangan resolusi gencatan senjata tersebut dikatakan telah “diterima oleh Israel, menyerukan Hamas untuk juga menerimanya, dan mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan ketentuan-ketentuannya tanpa penundaan dan tanpa syarat.”

Draf tersebut juga merinci usulan gencatan senjata selama 6 minggu, dan menyatakan bahwa “jika negosiasi memakan waktu lebih dari enam minggu untuk tahap pertama, gencatan senjata akan tetap berlaku selama negosiasi berlanjut.”

Dewan Keamanan PBB pada bulan Maret menuntut gencatan senjata segera dan pembebasan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas.

Selama berbulan-bulan, perunding dari AS, Mesir dan Qatar telah mencoba menjadi perantara gencatan senjata. Hamas mengatakan mereka menginginkan diakhirinya perang di Gaza secara permanen dan penarikan Israel dari wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu.

AS sebelumnya mendesak DK PBB untuk memberikan suara pada rancangan resolusi yang mendukung rencana “gencatan senjata segera dengan pembebasan sandera” antara Israel dan Hamas, yang berperang di Jalur Gaza.

(pua/pua)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);