Berita Dapat Kesempatan, Indonesia Akan Kirim Bantuan ke Gaza Via Udara

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Gaza.

Pengiriman bantuan, kata dia, akan dilakukan dengan pesawat Hercules melalui jalur udara.

Jokowi mengatakan, pihaknya bersama beberapa kelompok terbatas telah meninjau langsung simulasi penyerahan bantuan di Lanud Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3).


Dalam simulasi ini, beberapa pesawat dan helikopter Hercules melakukan aksi pelepasan boks helikopter dari ketinggian tertentu.

“Indonesia termasuk negara yang diberi kesempatan untuk memberikan bantuan kepada Gaza dan rakyat Palestina melalui jalur udara, karena jalur darat sulit,” kata Jokowi dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat ( 8). /3).

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Jokowi memastikan pemerintah Indonesia tetap berkomitmen memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi masyarakat Gaza.

Saat ditanya mengenai jenis bantuan yang dikirimkan Indonesia ke Gaza, Jokowi tidak menjelaskan lebih lanjut.

“Ya seperti biasa, apa yang dibutuhkan rakyat Palestina, apa yang dibutuhkan rakyat di Gaza,” ujarnya.

Invasi brutal Israel ke Jalur Gaza, Palestina sudah memasuki bulan kelima sejak Kamis (7/3) lalu. Hingga hari Rabu, total 30.717 warga Palestina telah terbunuh akibat invasi ini.

Kementerian Kesehatan Palestina mencatat lebih dari 12.400 anak tewas dalam invasi brutal yang terjadi sejak 7 Oktober tersebut. Sementara itu, total 72.156 warga Palestina terluka akibat pemboman Israel selama lima bulan terakhir.

Selama ini bantuan internasional ke Gaza disalurkan melalui Rafah yang berbatasan dengan Mesir. Namun jalur ini semakin tertutup dengan serbuan Israel yang juga mulai mengincar Rafah.

Yordania yang dipimpin langsung oleh Raja Abdullah sebelumnya mengirimkan bantuan melalui udara ke Gaza. Lebih lanjut, beberapa waktu kemudian, menyusul upaya mediasi perundingan gencatan senjata akhir pekan lalu, Amerika Serikat (AS) juga mengirimkan bantuan ke Gaza melalui jalur udara.

(orang/anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);