Berita Daftar Negara yang Tidak Lagi Eksis di Dunia

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Negara-negara di dunia telah mengalami perubahan sistem pemerintahan dan kepemimpinan secara berkala.

Hal ini menyesuaikan dengan situasi sosial, ekonomi dan politik yang terjadi di dunia.

Beberapa negara sudah tidak ada lagi di dunia. Kehancuran suatu negara seringkali disebabkan oleh perpecahan dan pemberontakan.


Berikut daftar negara yang sudah tidak ada lagi di dunia.

Cekoslowakia

Cekoslowakia merupakan negara bekas yang terbentuk di Eropa Timur yang sudah tidak ada lagi di dunia.

Negara ini mencakup berbagai wilayah seperti Bohemia, Moravia, dan Slovakia. Cekoslowakia dibentuk setelah jatuhnya Kekaisaran Austro-Hungaria pada tahun 1918.

Peluncuran dari InggrisCekoslowakia menjadi negara paling makmur dan stabil di Eropa Timur selama Perang Dunia I.

Negara ini kemudian diduduki oleh Nazi Jerman pada tahun 1938-1945 dan berada di bawah kekuasaan Soviet pada tahun 1948 hingga 1989.

Karena berbagai masalah politik dan ekonomi, Cekoslowakia membubarkan diri secara damai dan membentuk dua negara baru, Republik Ceko dan Slovakia.

Yugoslavia

Yugoslavia adalah suatu bentuk negara yang dibentuk di kawasan Balkan Eropa pada tahun 1929 dengan nama Kerajaan Yugoslavia.

Wilayah Yugoslavia terdiri dari beberapa wilayah yang penduduknya sebagian merupakan etnis Slavia, seperti Bosnia dan Herzegovina, Kroasia, Makedonia Utara, dan Slovenia.

Selama keberadaannya di dunia, Yugoslavia merupakan negara yang mengalami gejolak politik internasional.

Negara ini mengalami tiga kali pergantian bentuk pemerintahan hingga beberapa daerah terpecah dan membentuk negara merdeka.

Gran Kolombia

Gran Colombia dulunya adalah sebuah negara kesatuan yang terletak di selatan hingga Amerika tengah.

Meluncurkan Atlas DuniaGran Colombia mencakup beberapa wilayah seperti Kolombia, Ekuador, Peru, Panama, Brazil dan Guyana.

Sejumlah wilayah ini terbentuk dan bersatu pada tahun 1819 untuk membentuk kekuatan melawan Pemerintah Spanyol yang saat itu berkuasa.

Karena terjadi berbagai konflik kepentingan politik antar wilayah, Gran Colombia terpecah dan membentuk beberapa negara merdeka pada tahun 1831.

Uni Soviet

Uni Soviet merupakan salah satu bentuk negara merdeka yang pernah ada di dunia dan kini menjadi Rusia.

Peluncuran dari SejarahNegara berdaulat Uni Soviet terbentuk karena Revolusi Bolshevik pada tahun 1917 untuk menggulingkan kekuasaan Kekaisaran Rusia.

Revolusi ini melibatkan pergerakan tanah dari berbagai daerah di Rusia hingga berhasil membentuk negara merdeka dengan Vladimir Lenin sebagai presidennya.

Uni Soviet mengalami berbagai permasalahan sejak pecahnya Perang Dunia II hingga Perang Dingin. Gejolak politik luar negeri dan dalam negeri juga memperumit suasana pemerintahan Uni Soviet.

Paham komunis yang menjadi landasan negara semakin mengundang kontroversi di tengah kebijakan yang disebut-sebut membatasi warga Uni Soviet. Belakangan, beberapa daerah memilih memberontak dan melepaskan diri dari negaranya.

Karena terjadi krisis ekonomi dan politik besar di Uni Soviet pada tahun 1991, negara tersebut akhirnya dibubarkan dan berubah menjadi federasi Rusia.

(val/bac)