Berita Daftar Negara Pemasok Senjata Israel untuk Gempur Lebanon

by

Daftar isi



Jakarta, Pahami.id

Israel mengalihkan fokus serangannya dari Hamas ke Libanon. Tentara Israel tercatat telah melakukan lebih dari 1.600 serangan udara terhadap pangkalan Hizbullah di Lebanon selatan pada Senin (23/9).

Serangan tersebut tercatat menewaskan ratusan orang dan memaksa ribuan warga Lebanon mengungsi.


Ini juga merupakan serangan terburuk Israel terhadap Hizbullah sejak tahun 2006, seperti dikutip CNN.

Dalam melakukan penyerangan ke Lebanon, Israel tentu menggunakan banyak senjata.


Berikut adalah daftar negara yang memasok senjata kepada Israel untuk menyerang Lebanon.

Amerika Serikat

Amerika Serikat (AS) merupakan pemasok senjata terbesar Israel. Menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), AS menyumbangkan 65,6 persen senjata konvensional ke negara tersebut.

Senjata yang biasa disuplai AS ke Israel untuk melawan Lebanon adalah rudal, roket, drone, dan jet tempur.

Selain pasokan senjata, Negeri Paman Sam juga memberikan bantuan keuangan kepada tentara Israel. Dilansir BBC, AS memberikan dana bantuan sebesar 3,8 miliar dolar AS atau setara Rp 57,7 triliun kepada tentara Israel setiap tahunnya.

Hal ini dilakukan AS untuk membantu Israel membangun teknologi militernya agar lebih unggul dari negara lain, seperti dikutip dari BBC.

Jerman

Senjata yang digunakan Israel untuk menyerang Lebanon juga berasal dari Jerman. Dilansir BBC, Jerman merupakan pemasok senjata terbesar kedua ke Israel. Menurut SIPRI, 29,7 persen persenjataan Israel dipasok dari negara tersebut.

Senjata yang biasa disuplai Jerman ke Israel adalah senjata antitank mobile, amunisi, senjata otomatis, dan senjata semi otomatis.

Sama seperti AS, selain menyuplai senjata, Jerman juga memberikan bantuan finansial kepada tentara Israel. Dana bantuan tersebut digunakan untuk proses pengembangan, pemeliharaan dan perbaikan senjata milik Israel, seperti dikutip BBC.

Italia

Selain Amerika Serikat dan Jerman, senjata Israel untuk perang melawan Lebanon juga berasal dari Italia. Dilaporkan BBCnegara ini adalah pemasok senjata terbesar ke-3 ke Israel.

Menurut SIPRI, 4,7 persen persenjataan militer Israel dipasok dari Italia. Senjata yang biasa disuplai Italia ke Israel adalah senjata artileri.

Bahasa inggris

Senjata yang digunakan Israel untuk menyerang Lebanon juga berasal dari Inggris. Namun, negara ini bukanlah salah satu pemasok senjata terbesar Israel, seperti dikutip BBC.

Inggris sendiri telah menjadi pemasok senjata ke Israel sejak tahun 2008. Saat itu, Inggris memberikan izin ekspor senjata kepada Israel senilai 576 juta euro atau setara Rp9,7 triliun. Izin ekspor ini diberikan sebagai bentuk komitmen Inggris untuk memasok senjata kepada sekutu AS.

Sejak Oktober 2023 hingga Mei 2024, Inggris tercatat telah mengeluarkan 42 izin ekspor peralatan militer ke Israel. Departemen Bisnis dan Perdagangan Inggris mengatakan peralatan militer yang termasuk dalam lisensi tersebut meliputi pesawat militer, kendaraan militer, dan kapal perang.

(isa/bac)