Berita Daftar Biaya Kuliah 5 Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2024/2025

by

Jakarta, Pahami.id

Polemik kenaikan biaya pendidikan universitas negeri di Indonesia menimbulkan berbagai tanggapan dari kalangan pelajar dan elemen masyarakat.

Kenaikan biaya pendidikan ini didasarkan pada Permendikbud-Ristek Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Biaya Satuan Penyelenggaraan Perguruan Tinggi pada PTN Kemendikbud-Ristek yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud) Nadiem Makarim.

Penetapan tarif UKT di PTN dilakukan setelah mendapat persetujuan dari kementerian. Sedangkan untuk PTN Sah Entiti, penetapan tarif UKT dilakukan setelah berkonsultasi dengan kementerian.


Lalu berapa UKT yang ada di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia? Mengikuti CNNIndonesia.com telah menyimpulkannya:

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Universitas Indonesia (UI)

Universitas Indonesia telah menetapkan Biaya Kuliah Tunggal (UKT) Tahun Akademik 2024/2025. Biaya tersebut diatur dalam Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 792/SK/R/UI/2024 berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 2 Tahun 2024.

Peraturan ini mengatur tentang biaya UKT bagi mahasiswa program pendidikan sarjana dan vokasi yang masuk melalui Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Ujian (SNBT) dan Mandiri.

UKT di UI dibagi menjadi 5 kelompok. Untuk kelompok 1 dan 2, besaran UKT yang ditetapkan baik untuk program Sarjana maupun program Pendidikan Vokasi disamakan. Kelompok 1 Rp 500 ribu dan Kelompok 2 Rp 1 juta. Untuk kelompok 3, 4, dan 5 besarannya berbeda-beda.

Untuk program sarjana golongan 3, besaran biaya yang dipatok masing-masing jurusan berbeda-beda, berkisar antara Rp 7,5 juta hingga Rp 15 juta. Untuk program Pendidikan Vokasi kelompok 3 besaran biaya yang ditentukan masing-masing jurusan berbeda-beda yaitu antara Rp 8 juta sampai dengan Rp 10 juta.

Untuk program sarjana golongan 4, total biaya yang dipatok masing-masing jurusan berbeda-beda, berkisar antara Rp 7,8 juta hingga Rp 17,5 juta. Untuk program Pendidikan Vokasi kelompok 4, besaran biaya yang ditentukan masing-masing jurusan berbeda-beda yaitu antara Rp 10 juta hingga Rp 13 juta.

Untuk program sarjana golongan 5, besaran biaya yang ditetapkan masing-masing jurusan bervariasi, berkisar antara Rp 14 juta hingga Rp 20 juta. Untuk program Pendidikan Vokasi kelompok 5 besaran biaya yang ditentukan masing-masing jurusan berbeda-beda yaitu antara Rp 13 juta sampai dengan Rp 15 juta.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM) menetapkan Biaya Belajar Tunggal (UKT) Perguruan Tinggi untuk Ujian Mandiri SNBP, SNBT dan UGM (UM-UGM) tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut disampaikan UGM melalui website um.ugm.ac.id

UKT di UGM terdiri dari dua jenis yaitu UKT Perguruan Tinggi UGM dan UKT Perguruan Tinggi Bersubsidi UGM. UKT Dikti UGM ditetapkan secara wajar oleh UKT Dikti Bersubsidi UGM berupa subsidi sebesar 100%, 75%, 50%, atau 25% dari besaran nominal UKT Dikti.

Ketentuan ini diatur dalam Surat Perintah Rektor UGM Nomor 243/UN1.P/KPT/HUKOR/2024. Keputusan ini telah mengatur rincian biaya pendidikan program Sarjana dan Sarjana Terapan untuk setiap kelompok besar di setiap kelompok bidang.

Kelompok lapangan yang pertama adalah kelompok program Sarjana Terapan. Kelompok lapangan ini terdiri dari 5 kelompok utama. Pada kelompok bidang ini, biaya UKT yang dikenakan berkisar Rp 0-Rp 15 juta.

Kelompok bidang kedua adalah kelompok bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Humaniora. Kelompok lapangan ini terdiri dari 11 kelompok utama. Pada kelompok lapangan ini biaya UKT yang dikenakan berkisar Rp 0-Rp 12,5 juta.

Kelompok bidang ketiga adalah kelompok bidang Sains, Teknologi, dan Kesehatan. Kelompok lapangan ini terdiri dari 14 kelompok utama. Pada kelompok bidang ini, biaya UKT yang dikenakan berkisar Rp 0-Rp 30 juta.


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);