Berita China Blokir Tagar Pemilu Taiwan Usai Masuk Trending Topic Medsos

by


Jakarta, Pahami.id

Media sosial Tiongkok, Weibo, memblokir tagar terkait pemilu Taiwan yang digelar hari ini, Sabtu (13/1) waktu setempat. Tagar “Pemilihan Taiwan” dihapus setelah masuk daftar trending topik di platform.

Pengguna yang mencari hashtag Pemilu Taiwan di kolom pencarian akan mendapat notifikasi yang menjelaskan bahwa konten terkait topik tersebut tidak ditampilkan.


“Sesuai dengan undang-undang, peraturan, dan kebijakan terkait, konten topik ini tidak ditampilkan,” demikian bunyi pemberitahuan di situs Weibo, seperti diberitakan AFP pada Sabtu (13/1).

Pemilu Taiwan adalah salah satu topik yang paling banyak dibicarakan di Weibo akhir pekan ini karena bertepatan dengan hari pemungutan suara di Taiwan.

Sebagian besar postingan tersebut mengungkapkan harapan bahwa hubungan antara Tiongkok dan Taiwan akan membaik setelah pemilu. Namun, ada juga yang menyerukan agar Taiwan dikembalikan ke Tiongkok sesegera mungkin.

Meski hashtag telah dihapus dari mesin pencari, beberapa pengguna masih dapat melihat postingan tentang topik tersebut.

Taiwan resmi menggelar pemilihan presiden dan legislatif pada Sabtu (13/1). Hasil pemilu kali ini menjadi perhatian global karena akan menentukan arah hubungan dengan Tiongkok di tengah meningkatnya ketegangan dalam beberapa waktu terakhir.

Presiden baru akan menentukan kebijakan yang dapat berdampak pada stabilitas regional dan perekonomian global.

Jelang pesta demokrasi, pemerintah Taiwan juga menuding China melakukan upaya infiltrasi sebagai strategi mewujudkan cita-cita reunifikasi.

Tiga calon presiden bersaing memperebutkan kursi Presiden Taiwan menggantikan Tsai Ing Wen yang menjabat dua periode sejak Mei 2016.

Mereka adalah Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik (DPP), Hou Yu-ih dari oposisi utama Kuomintang (KMT) yang mendukung Beijing, dan Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan (TPP).

(AFP, awal/akhir)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);