Berita Cagub Hendrik Sebut Maluku Provinsi Termiskin Nomor 4 se-Indonesia

by


Ambon, Pahami.id

calon gubernur maluku nomor urut 3, Hendrik Lewerissa mengatakan tidak banyak yang berubah dalam lima tahun terakhir. Menurut dia, maluku masih menjadi daerah termiskin ke-4 di Indonesia.

“Kami tidak sekedar iseng mengatakan bahwa situasi di Maluku kurang baik, tapi kami punya data, data kami hari ini menunjukkan bahwa Maluku adalah provinsi termiskin ke-4 di Indonesia,” kata Hendrik dalam Debat Pertama Pemilihan Gubernur Maluku Tahun 2024, Sabtu. . (26/10) .


Hendrik menuturkan, Maluku masih tergolong miskin karena banyak faktor. Dia mencontohkan prestasi Maluku di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Ace-Sumut yang hanya mampu meraih dua medali emas.

“Ini contoh paling sederhana, dari segi prestasi olahraga kita sudah kalah, apalagi,” ujarnya.

Selain itu, kata Hendrik, RSUD Haulussy Ambon saat ini masih kekurangan obat-obatan. Padahal, RSUD Haulussy Ambon merupakan rumah sakit daerah di tingkat daerah.

“Ini sangat menyedihkan bagi Maluku, apalagi indikasi lainnya,” ujarnya.

Hendrik mengatakan, dirinya tidak berniat menyerang siapa pun karena mengungkap situasi memprihatinkan di Maluku. Menurutnya, semua pihak perlu bekerja sama untuk memperbaiki keadaan ini.

“Keadaan menyedihkan ini perlu kita perbaiki. Kita tidak ingin menyerang siapapun, tapi perlu kita sampaikan kepada masyarakat, kita punya sumber daya yang potensial, tapi ini masalah bersama,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana Pemilihan Gubernur Maluku 2024. Debat berlangsung di Hotel Natsepa, Sabtu (26/10).

Tema perdebatan pertama dalam pemilihan gubernur maluku adalah percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat menuju maluku yang saling bergantung dan berbudaya berbasis kearifan lokal.

Pada pembukaan, debat dibagi menjadi enam segmen pertama dan kedua dimana para kandidat memaparkan visi dan misinya.

Pada segmen kedua dan ketiga, para kandidat menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian pada segmen empat dan lima terdapat tanya jawab antar pasangan calon dan pada segmen enam terdapat pernyataan penutup.

Ada tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Maluku yang mengikuti Pilgub Maluku 2024.

Mereka adalah pasangan nomor 1 Jeffry Apoly Rahawarin-Abdul Mukti Keliobas, pasangan nomor 2 Murad Ismail-Michael Wattimena, dan pasangan nomor 3 Hendrik Lewerissa-Abdullah Vanath.

(sai/fra)