Berita Bursa Pilwalkot Solo, Kaesang hingga Penguasa Mangkunegaran

by


Jakarta, Pahami.id

Pemilihan Kota SoloJawa Tengah, akan dilaksanakan bersamaan dengan pemilu daerah satu lagi di Indonesia pada 27 November.

Sejumlah nama diprediksi masuk dalam bursa calon Wali Kota Solo pengganti Gibran Rakabuming Raka yang dilantik sebagai Wakil Presiden.

Beberapa waktu lalu, lembaga riset Polling Solo Raya melakukan jajak pendapat yang mengungkap beberapa nama favorit bersaing di Pilwalkot Surakarta.


Dari survei muncul 12 nama, kata Suwardi.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Beberapa diantaranya adalah KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wira Sujiwo. Lalu ada putri politikus senior Akbar Tanjung yang kini menjabat Ketua DPD Golkar Solo, Sekar Tanjung.

Selain itu, nama adik bungsu Gibran yang juga putra Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep juga disebut-sebut bakal mengikuti Pilwalkot Solo.

Meski memiliki persentase elektabilitas yang tergolong tinggi, hingga saat ini Kaesang sendiri belum mengungkapkan sikapnya terhadap pemberitaan tersebut. Bahkan, Ketua Umum PSI disebut-sebut tengah didesak untuk maju ke Pilkada di Depok dan Bekasi.

Plt Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Solo Sonny mengatakan peluang Kaesang menjadi calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2024 kecil.

“Saya kira Mas Ketum bukan untuk Wali Kota,” kata Sonny, Jumat (9/3).

Namun dalam kesempatan lain, Ketua DPW PSI Jawa Tengah Antonius Yogo Prabowo mengklaim Gerindra dan Golkar siap mendukung Kaesang jika mencalonkan diri di Pilkada Solo.

“Kalau Mas Kaesang mau Pilkada Solo, kami lebih percaya diri, peluangnya lebih besar, Gerindra dan Golkar juga oke,” kata Yugo, Sabtu (9/3), seperti diberitakan Momen Tenggara.

Kaesang sendiri bahkan belakangan mendukung pencalonan Rektor Universitas Surakarta sekaligus kader PSI, Astrid Widayani, untuk memenangkan Pilkada Kota Solo mendatang.

Nama Wakil Wali Kota Solo saat ini, Teguh Prakosa, juga memimpin survei elektabilitas pasar Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo. Teguh yang juga kader PDIP mengaku terserah partainya untuk mencalonkan diri di Pilwalkot Solo.

“Saya tentara, saya bilang saya pengurus partai, lalu DPCnya seperti apa? DPCnya seperti apa, apakah DPC atau PDIP menyetujui atau ada calon lain, kami sebagai kader partai akan ikuti semuanya,” ujarnya di Balai Kota Solo, Rabu (27/3).

Selain Kaesang dan Teguh, pangeran kedua termuda (bungsu) KGPAA Mangkunegara IX, serta Raja Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara.

Pria yang dinobatkan sebagai penguasa Mangkunegaran di usia 24 tahun ini tak menampik, saat ditanya apakah ada rencana mencalonkan diri sebagai orang nomor satu di Kota Solo, berdasarkan hasil jajak pendapat yang menunjukkan elektabilitasnya cukup baik. tinggi.

“Kita lihat saja nanti. Pokoknya saya fokus ke Mangkunegaran dulu, ada acara yang agak rumit juga, pepatah “Setelah itu kita lihat bagaimana keadaannya, fokusnya 100 persen di Mangkunegaran,” ujarnya suatu ketika.

Beberapa waktu lalu, saat menghadiri pertandingan sepak bola di Solo, Gusti Bhre bahkan sempat bercanda diundang oleh Gibran yang menawarkan kursi Wali Kota Solo di acara tersebut.

Bercanda dengan Mas Gibran ya bercanda, kata penguasa Mangkunegaran berusia 27 tahun itu usai upacara nobar di Balai Kota Solo, Senin (29/4/2024) sore.

Dipilih dari detikcom, Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo 2024 dipastikan tanpa calon perseorangan atau perseorangan (paslon). Berbeda dengan Pilkada 2020 yang mempertemukan pasangan calon perseorangan melawan pasangan Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa.

Ketua KPU Solo Bambang Christanto mengatakan, penyerahan syarat perkembangan individu ditutup pada Minggu (12/5) pukul 23.59 WIB. Hingga batas waktu yang ditentukan, belum ada pasangan calon perseorangan yang mengajukan lamarannya untuk maju pada Pilkada 2024.

“Tidak ada yang mendaftar, sehingga dalam surat keputusan kami nyatakan tidak ada yang maju dari jalur perseorangan di Pilwalkot Kota Solo,” ujarnya, Senin (13/5).

(rts/anak-anak)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);