Berita Bursa Calon Gubernur Jawa Barat, Demul Bima Arya Hingga Ilham Habibie

by

Daftar isi


Jakarta, Pahami.id

Sejumlah nama menghiasi bursa Gubernur Jawa Barat (Jabar) di Pilkada 2024. Nama pendatang baru Inspirasi Habibie bersaing dengan nama-nama beken seperti petahana Ridwan Kamil.

Selain itu, ada nama mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya juga masuk dalam daftar tersebut.

Berikut nama-nama yang muncul di bursa calon Gubernur Jabar:


Inspirasi Habibie

Putra Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, tampil dalam perebutan kursi Jawa Barat. Ia diusung oleh Partai NasDem.

Ketua DPW Nasdem Jabar, Saan Mustopa mengatakan, pengaruh Habibie di Jabar masih kuat. Selain itu, Ilham dinilai memiliki kemampuan yang baik di sektor industri strategis.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

NasDem telah resmi memberikan surat rekomendasi kepada Ilham. Namun mereka membutuhkan dukungan pihak lain untuk mendaftarkan Ilham.

Hari ini DPP Partai Nasdem akan menyampaikan rekomendasi kepada Pak Ilham Habibie sebagai calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat, kata Saan, di Menara NasDem, Jakarta, Kamis (6/6).

Ridwan Kamil

Politisi Golkar ini muncul sebagai nama terkuat di bursa calon Gubernur Jawa Barat. Jajak pendapat SMRC pada Mei lalu menyebutkan elektabilitas RK mencapai 52,2 persen dari simulasi 27 nama.

Hanya Dedi Mulyadi yang elektabilitasnya mendekati RK. Namun selisih elektabilitasnya masih berkisar 30 persen.

Golkar telah memberikan dua surat tugas kepada RK jelang Pemilu Serentak 2024. Selain di Jawa Barat, RK juga ditugaskan di DKI Jakarta.

Ya intinya RK siap melawan siapa pun lawannya, kata Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (14/6).

Dedi Mulyadi

Dedi Mulyadi alias Demul menjadi salah satu nama kuat di daftar ini. Ia pun mendapat dukungan dari partainya, Partai Gerindra.

Gerindra pun mulai menjajaki peluang koalisi dengan partai lain untuk mendukung Dedi. Mereka pun mulai membandingkan Dedi dengan nama-nama potensial.

Ya, pembahasan dengan teman-teman koalisi di Jabar memang lebih fokus ke Dedi Mulyadi dan wakil gubernurnya Bapak Bima Arya, kata Ketua Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/6).

Bima Arya

Usai menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Bogor, Bima mendatangi partai tersebut untuk mencari dukungan. Ia sudah mendatangi Golkar dan PAN untuk mendaftarkan pencalonannya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Nama Bima pun sempat muncul dalam survei. Survei SMRC menyebutkan selektabilitas Bima masih di angka 1,3 persen.

“Bismillah kita bergerak menuju Gedung Sate, kita bergerak ke Jawa Barat,” kata Bima di Tugu Pahlawan Covid-19, Kota Bandung, Sabtu (4/5).

Nama lain

Ada nama mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Nama politikus Partai Gelora itu muncul dalam survei SMRC dengan elektabilitas 0,9 persen. Elektabilitas Deddy mencapai 3,8 persen dari simulasi 27 nama.

Selain itu, ada nama artis yang juga anggota DPR Indonesia yakni Dessy Ratnasari. Dessy memiliki pendukung di daerah pemilihan Jawa Barat IV yang meliputi Kabupaten Sukabumi dan Kota Sukabumi.

Desy meraih 78.306 suara pada Pemilu Serentak 2024, mengulangi prestasinya pada pemilu lima tahun lalu.

“Sebagai kader tentunya harus siap ditugaskan dimanapun,” kata Desy.

(dhf/DAL)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);