Berita Bupati Bogor Akhirnya Minta Pusat Bangun Jalan Tambang Parung Panjang

by


Jakarta, Pahami.id

dibintangi Bupati Bogor Asmawa Tosepu meminta bantuan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan tol khusus pertambangan di wilayah tersebut. Panjang Parung.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Komisi V DPR RI dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Parung Panjang dalam rangka peninjauan prasarana dan transportasi di wilayah Kecamatan Parung Panjang, Jumat (15/3) kemarin.

Pertemuan ini menjadi momentum bagi Pemkab Bogor untuk menyampaikan permintaan kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI untuk mempercepat pembangunan jalan tambang ini, kata Asmawa mengutip rilis media Pemerintah Kabupaten Bogor. Pemerintah, Sabtu (16/3).


Asmawa mengaku telah melakukan beberapa langkah konkrit dalam mengatasi permasalahan infrastruktur dan transportasi di Parung Panjang.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Pertama, solusi permanen adalah dengan membangun tol khusus pertambangan. Menurutnya, hal tersebut harus menjadi fokus pemerintah pusat, Pemprov Jabar, dan Pemkab Bogor.

“Prosesnya sebenarnya sudah dimulai dan mungkin kita akan bertemu dengan beberapa teman kita sesuai dengan tugasnya masing-masing,” ujarnya.

Asmawa menyatakan, ada tiga skenario solusi tersebut, yakni jalan tol yang dibangun Pemprov Jabar dan Pemkab Bogor. Lalu, mekanismenya menggunakan BUMD Jabar.

Skenario kedua adalah mekanisme pembiayaan dari BUMD Provinsi Jawa Barat dan itu juga sudah cukup maju karena sudah ada DED, ujarnya.

Kemudian yang terakhir adalah skenario pembangunan melalui investasi murni.

Selain itu juga ada Peraturan Bupati No. 56 Tahun 2023 tentang Pembatasan Waktu Operasi Angkutan Tambang, pembangunan dan pengoperasian sementara parkir truk pertambangan yang mulai berlaku pada akhir Desember 2023.

Serta kesepakatan bersama antara Pemkab Bogor dengan perusahaan angkutan barang khusus, ujarnya.

(mnf/bmw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);