Berita BNPT Perketat Bandara Sepinggan, Cegah Teroris ke IKN saat HUT RI

by


Jakarta, Pahami.id

Sistem keamanan di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mulai diperketat jelang peringatan HUT RI ke-79 di ibu kota nusantara (IKN) Agustus mendatang.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan sistem keamanan diperkuat karena Bandara Sepinggan menjadi salah satu jalur masuk IKN di Penajam Paser Utara.

Sebab, Bandara SAMS Sepinggan merupakan salah satu bandara akses menuju IKN Penajam Paser, kata Kepala Subdit Objek Vital dan Transportasi BNPT RI Kolonel Kopral Sigit Karyadi, dikutip Antara, Selasa (18/6).


Penilaian yang dilakukan di Bandara Sepinggan meliputi pengamanan perimeter luar, gedung VVIP, terminal kedatangan dan keberangkatan, serta kargo domestik dan internasional.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

Penilaian juga dilakukan terhadap personel dan peralatan pendukung keselamatan dan keamanan. Jalur perpindahan juga telah diperiksa oleh BNPT.

Sigit mengatakan, peninjauan objek vital dan penguatan pengamanan di Bandara SAMS Sepinggan dilakukan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi yang diamanatkan Seknas RI sebagai anggota tim pengamanan upacara kemerdekaan RI.

Sementara itu, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Ahmad Syaugi Syahab mengatakan, pengkajian sangat diperlukan untuk memperkecil kemungkinan adanya penyusup yang berencana melakukan aksi terorisme.

Penilaian ini sangat diperlukan untuk memastikan proses upacara 17 Agustus di IKN aman dari teroris, setidaknya sudah dikurangi dari awal agar kita bisa mengetahui sudut mana yang akan mereka masuki, kata Syaugi.

(ANTARA/bmw)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);