Berita Biden Umumkan Pembebasan Abigail, Bocah 4 Tahun yang Disandera Hamas

by

Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan pembebasan seorang gadis berusia 4 tahun yang ditawan oleh kelompok militan Hamas.

Menurut Biden, gadis Amerika itu kini aman di Israel setelah dibebaskan pada Minggu (26/11).

“Dia bebas dan dia berada di Israel sekarang,” kata Biden seperti dikutip AFP.


“Dia mengalami trauma parah,” tambah Biden.

Gadis berusia 4 tahun yang disandera Hamas bernama Abigail Edan. Dia diculik oleh kelompok Hamas pada 7 Oktober.

Edan menjadi yatim piatu ketika orang tuanya dibunuh oleh Hamas dalam penculikan tahun itu. Dia berumur 3 tahun ketika dia diculik, dan melewati ulang tahunnya yang ke 4 ketika dia disandera.

Abigail merupakan salah satu dari 17 sandera yang dibebaskan pada Minggu (26/11). Menurut laporan IDF, 17 sandera telah diserahkan ke Palang Merah, 14 di antaranya warga Israel dan tiga warga asing.

Sebelumnya, Israel dan milisi Hamas menyetujui gencatan senjata selama empat hari setelah hampir 50 hari pasukan Zionis menyerang Palestina. Gencatan senjata ini akan mulai berlaku pada 24 November pukul 07.00 waktu Gaza atau pukul 12.00 WIB.

Kesepakatan tersebut mencakup penghentian pertempuran, lebih banyak bantuan kemanusiaan yang masuk ke Gaza, dan pertukaran tahanan atau sandera dari kedua belah pihak.

Terkait pertukaran tawanan ini, mereka sepakat akan membebaskan 50 sandera dari Gaza, sedangkan 150 sandera dari Israel akan dibebaskan. Pelepasan ini terjadi secara bertahap.

Ini adalah gencatan senjata pertama dalam konflik tersebut sejak pejuang Hamas melancarkan serangan di Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang dan menyandera sekitar 240 orang.

Menanggapi serangan itu, Israel bersumpah untuk menghancurkan militan Hamas yang menguasai Gaza, mengebom daerah kantong tersebut dan melancarkan serangan darat di utara.

Akibat pemboman Israel, otoritas kesehatan Palestina menyebutkan sekitar 14.800 orang tewas dan sekitar 40 persen di antaranya adalah anak-anak.

(tim/dmi)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);