Berita Biden Tuduh Hamas Biang Kerok Nego Gencatan Senjata Gaza Mandek

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebutkan kelompok perlawanannya Hamas hanya menjadi kendala dalam perundingan gencatan senjata di Gaza.

Pandangan Biden itu diungkapkan dalam rilis resmi Gedung Putih terkait pembicaraannya dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, Senin (3/6).

“[Biden] menekankan bahwa Hamas kini menjadi satu-satunya hambatan bagi gencatan senjata penuh,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan. Al Jazeera.


Pernyataan itu berlanjut, “[Biden juga] mengkonfirmasi kesiapan Israel untuk maju.”

Sementara itu, Qatar juga membenarkan adanya percakapan telepon antara Biden dan Tamim. Disebutkan bahwa kedua pemimpin negara tersebut membahas upaya gencatan senjata permanen dan situasi terkini di Gaza.

“Kedua pemimpin membahas perkembangan di Gaza dan wilayah Palestina yang diduduki,” menurut Amiri Diwan.

Qatar, AS dan Mesir memainkan peran penting dalam perundingan gencatan senjata Israel-Hamas.

Sejauh ini negosiasi berjalan alot dan seringkali berakhir dengan kebuntuan. Beberapa topik yang diperdebatkan adalah pertukaran sandera/tahanan hingga perundingan gencatan senjata permanen.

Baru-baru ini, AS mengajukan proposal gencatan senjata Israel-Hamas.

Usulan tersebut berisi pertukaran tahanan Israel dengan tahanan Palestina, penarikan pasukan Israel dari Gaza, dan rekonstruksi wilayah yang hancur akibat serangan militer Zionis.

Namun, usulan tersebut tidak mencakup Hamas yang masih berkuasa di Gaza, sebuah gagasan yang berulang kali ditolak oleh kelompok tersebut.

Hamas sejauh ini menolak proposal gencatan senjata yang diajukan oleh negara-negara penengah, menyerukan gencatan senjata total di Gaza dan penarikan pasukan Israel dari wilayah Palestina.

Usulan AS ini muncul seiring Israel terus membombardir Gaza sejak Oktober 2023. Akibat agresi brutal Israel, lebih dari 36.000 orang di Palestina tewas, mayoritas dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

(isa/dna)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);