Berita Besok, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bebas dari Penjara

by


Jakarta, Pahami.id

Mantan Perdana Menteri (PM) Thailand Thaksin Shinawatra akan dibebaskan dari penjara pada Minggu (18/2).

Demikian disampaikan Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin kepada wartawan pada Sabtu (17/2) seperti dikutip AFP. Dia mengatakan pelepasan Thanksin akan dilakukan sesuai aturan hukum.


Thaksin adalah super kaya Thailand yang dua kali terpilih menjadi PM negara tersebut. Pada tahun 2006, ia digulingkan dan dijatuhi hukuman 8 tahun penjara atas tuduhan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Namun hukuman tersebut dipersingkat menjadi satu tahun oleh Raja Maha Vajiralongkorn.

Hukuman terhadap Shinawatra dijatuhkan setelah ia kembali ke Thailand pada Agustus tahun lalu setelah 15 tahun mengasingkan diri ke luar negeri.

Menteri Kehakiman Tawee Sodsong sebelumnya mengatakan mantan PM berusia 74 tahun itu termasuk di antara 930 tahanan yang diberikan pembebasan dini oleh pemerintah.

“Dia termasuk dalam kelompok yang kondisinya kritis atau berusia di atas 70 tahun. Otomatis enam bulan kemudian dia akan keluar,” kata Tawee.

Media Thailand melaporkan bahwa Thaksin mungkin akan dibebaskan besok pagi. Namun, Srettha menegaskan belum mengetahui detail waktu tayangnya.

Kembalinya Thaksin bertepatan dengan kembalinya Partai Pheu Thai ke pemerintahan yang beraliansi dengan partai pro-militer. Masyarakat menyimpulkan bahwa kesepakatan telah dicapai untuk mengurangi masa hukuman penjaranya.

Desas-desus tersebut semakin meningkat ketika dia dipindahkan ke rumah sakit polisi beberapa jam setelah hukumannya karena kesehatannya yang buruk, dan tidak jelas apakah dia pernah menghabiskan waktu di sel penjara.

(tutup/akhir)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);