Berita Beredar Video Sosok Komandan Misterius Hamas Paling Diburu Israel

by


Jakarta, Pahami.id

Media Israel bocoran video sosok panglima sayap Hamas Brigade Al Qassam yang misterius, Mohammed Deif.

Kebocoran tersebut dirilis setelah Israel gagal menargetkannya untuk ditangkap atau dieksekusi.


Tentara Israel selalu gagal menangkap atau membunuh Deif meski mereka telah ‘meratakan’ Jalur Gaza dengan serangan membabi buta.

Pasukan Israel sebelumnya mengaku telah melukai serius Mohammed Deif meski gagal menangkapnya. Tel Aviv mengklaim bahwa melalui pengumpulan intelijen, mereka berhasil melumpuhkan Deif.

Israel mengatakan intelijennya menunjukkan bahwa Deif kini harus dibantu kursi roda untuk bergerak. Israel mengklaim Deif harus menggunakan ambulans untuk melakukan perjalanan setelah melarikan diri dari penyergapan pasukan IDF.

Namun, media lokal Israel Maariv seperti dikutip dari bahasa Arab baru melaporkan bahwa Deif baik-baik saja dan tidak memiliki disabilitas yang mengharuskannya menggunakan kursi roda.

Berdasarkan video yang diterima media, Deif tampak berjalan sedikit pincang.

Fakta bahwa Deif masih hidup, berfungsi dan dalam kondisi relatif baik, bahkan mampu berjalan sendiri, bertentangan dengan penilaian intelijen (Israel), kata laporan itu. Maariv dilaporkan dari bahasa Arab baru.

Israel kemudian menyatakan bahwa kondisi baik Deif dalam video tersebut adalah hal yang normal dan tidak mengejutkan.

Sosok Deif yang disebut-sebut memimpin serangan Hamas ke Kibbutz Israel pada 7 Oktober, kini sulit dilacak oleh IDF.

Ia pernah mengancam Israel akan menghadapi hukuman berat setelah mengusir warga Palestina dari desa Sheikh Jarrah di timur Yerusalem.

Dalam beberapa dekade terakhir, nama Deif yang dijuluki ‘The Guest’ menjadi salah satu orang nomor satu yang dicari oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dengan serangannya sejak awal 1990-an.

20 tahun yang lalu, Deif hampir terbunuh dalam serangan udara, menyebabkan dia kehilangan lengan dan kakinya. Namun, hal ini tidak menghentikan Deif untuk menjadi arsitek serangan paling mematikan terhadap Israel dan warga sipilnya.

Dengan strateginya bertahan dari tujuh upaya pembunuhan yang dilakukan IDF, Deif berhasil menempatkan dirinya di jajaran komando pejuang Palestina yang paling disegani berkat serangan terbarunya di perempat final tahun 2023.

“Sebelumnya, Deif adalah sosok yang sakral dan sangat dihormati di Hamas dan juga rakyat Palestina,” kata Mkhaimar Abusada, profesor politik di Universitas Al-Azhar Gaza, seperti dilansir Financial Times.

“Operasi terbesarnya melawan Israel akan menjadikan dia sebagai ‘sosok dewa bagi generasi muda’,” tambahnya.

(membaca)

[Gambas:Video CNN]


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);