Berita Belum Tentukan Mitra Kerja Komisi, DPR Tunggu Pengumuman Kabinet

by


Jakarta, Pahami.id

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad menyatakan DPR masih menunggu pengumuman kabinet pemerintahan Prabu Subianto– Gibran Rakabuming Raka. Hal ini terkait penetapan mitra kerja komisi di DPR periode 2024-2029.

“Kita tunggu pengumuman kementeriannya dulu, baru kita umumkan teman-teman dari masing-masing komisi yang sudah dilantik sebelumnya,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (14/10).

Sejauh ini, fraksi partai di DPR baru menyepakati besaran komisi tersebut. Kini, komisi di DPR bertambah dua sehingga totalnya berjumlah 13 orang.


Jadi, kata Dasco, rapat paripurna DPR mendatang hanya mengumumkan besaran komisi tanpa komposisi rekan kerja.

“Hanya jumlah komisi yang dibentuk dan badan yang dibentuk,” ujarnya.

Secara terpisah, Pimpinan DPR Puan Maharani menyatakan seluruh fraksi partai di DPR telah menyepakati jumlah komisi di DPR sebanyak 13 orang. Kesepakatan itu diputuskan dalam rapat pimpinan dan rapat konsultasi DPR.

Politisi PDIP itu mengatakan, seluruh fraksi juga sudah memutuskan siapa yang akan memimpin komisi di DPR secara proporsional.

Puan berharap penambahan dua komisi ini bisa disesuaikan dengan rencana pemerintah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Sehingga terjalin keselarasan dan sinergi antara lembaga legislatif dan eksekutif,” ujarnya.

Kata Puan, susunan pegawai komisi I hingga XI DPR masih sama seperti pada DPR sebelumnya. Sementara rekan kerja Komisi XII dan Komisi XIII akan disesuaikan dengan nomenklatur kementerian bentukan Prabowo-Gibran.

“Komisi XII dan XIII nantinya akan mengoordinasikan kementerian apa saja yang akan diumumkan oleh pemerintahan selanjutnya,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Puan juga membenarkan adanya penambahan anggota dewan baru (AKD) di DPR yang disebut ‘Badan Aspirasi Masyarakat’. Tugas badan ini adalah memenuhi aspirasi masyarakat.

(mab/tsa)