Berita Belarus Kerahkan Pasukan Dekat Perbatasan Ukraina, Ada Apa?

by


Jakarta, Pahami.id

Belarusia mengerahkan personel militer di dekat perbatasan Ukraina ketika pasukan Presiden Volodymyr Zelensky melancarkan “kontra-invasi” di wilayah Rusia.

Pada Minggu (25/8), Presiden Alexander Lukashenko mengumumkan Belarus telah memindahkan sekitar sepertiga pasukannya ke perbatasan Ukraina.


Ia juga menuduh Ukraina memiliki kebijakan agresif dan mengirimkan lebih dari 120.000 tentara ke perbatasan Belarus pada 18 Agustus. Kyiv membantah tuduhan tersebut.

Keesokan harinya, Belarusia mengirimkan pesawat, pasukan pertahanan udara, dan senjata ke perbatasan Ukraina.

Belarus juga menuduh Ukraina melanggar wilayah udaranya selama invasi balasan ke Kursk, Rusia pada 6 Agustus.

Saat itu, Ukraina berhasil menembus wilayah Rusia dan menembus sekitar 1.000 km. Mereka juga mengaku telah menguasai beberapa pemukiman.

Empat hari setelah kontra-invasi, Belarus untuk pertama kalinya menyatakan bahwa pergerakan pasukannya ke perbatasan Ukraina adalah tindakan membela diri.

Belarus adalah sekutu dekat Rusia. Lukashenko juga memiliki hubungan dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ketika Rusia ingin menginvasi Ukraina, Belarus mengizinkan mereka melewati wilayahnya.

Menanggapi pengerahan tersebut, Kementerian Luar Negeri Ukraina memperingatkan Belarus untuk menghentikan tindakan yang dianggapnya sebagai tindakan permusuhan.

“Kami memperingatkan para pejabat Belarusia untuk tidak membuat kesalahan tragis bagi negara mereka di bawah tekanan Moskow,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam sebuah pernyataan. Al JazeeraSenin (26/8).

Mereka kemudian mengatakan, “Kami menyerukan angkatan bersenjata untuk menghentikan permusuhan dan menarik pasukan dari perbatasan nasional Ukraina hingga jauh di luar jangkauan tembak sistem Belarusia.”

Lebih lanjut, Ukraina menegaskan jika terjadi pelanggaran perbatasan kedua negara, mereka akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan diri sesuai dengan piagam PBB.

Hasilnya, seluruh titik militer, fasilitas militer, dan jalur pasokan di Belarus akan menjadi legal bagi Angkatan Bersenjata Ukraina, kata Kementerian Luar Negeri.

Ukraina melaporkan Belarusia memusatkan sejumlah besar personel di wilayah Gomel, dekat perbatasan.

“Termasuk pasukan operasi khusus, senjata dan peralatan militer,” kata Kementerian Luar Negeri Ukraina dalam sebuah pernyataan. Mereka juga mengatakan pemukiman tersebut merupakan kedok untuk pelatihan militer.

Laporan intelijen juga menunjukkan bahwa area tempat berkumpulnya pasukan Belarusia dekat dengan pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl. Ukraina mengatakan setiap latihan militer yang dilakukan di sana menimbulkan “ancaman terhadap keamanan nasional Ukraina”.

Ukraina juga melaporkan bahwa pasukan Belarusia dan tentara bayaran dari Grup Wagner sudah berbaris di dekat perbatasan. Kedua negara berbagi perbatasan sepanjang 1.084 km atau sekitar 674 mil.

(isa/rds)