Berita Bahlil Menteri ESDM, Yasonna Diganti

by


Jakarta, Pahami.id

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaporkan melakukannya lagi perombakan menteri Kabinet Indonesia mengalami kemajuan dan akan mengumumkan kabinet baru pada Senin pagi (19/8).

Berdasarkan sumbernya CNNIndonesia.com Di pemerintahan, ada empat menteri/pimpinan lembaga yang akan diganti.

Diantaranya, Yasonna Laoly akan digantikan oleh Politisi Gerindra Supratman Andi Atgas untuk mengisi posisi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.


Supratman merupakan anggota DPR periode 2019-2024. Ia baru saja digantikan oleh Wihadi Wiyanto, rekannya di Partai Gerindra, dari jabatan Ketua DPR pada 6 Agustus.

Kemudian, Arifin Tasrif yang saat ini menjabat Menteri ESDM akan digantikan oleh Bahlil Lahadalia.

Sementara Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran Rosan Roeslani akan mengisi jabatan Menteri Investasi/BKPM yang ditinggalkan Bahlil. Kemudian Arief Prasetyo Hadi akan digantikan Rahmat Pambudy sebagai Kepala Badan Pangan.

Jokowi akan menunjuk Dadan Hindayana untuk mengisi Badan Pangan, lembaga yang baru ia dirikan.

Sumber CNNIndonesia.com mengatakan pelantikan akan digelar di Istana Negara Jakarta besok sekitar pukul 09.00 WIB.

Jokowi terakhir kali merombak susunan kabinetnya pada 18 Juli lalu. Saat itu Jokowi mengganti satu wakil menteri dan menambah dua posisi wakil menteri.

Masing-masing adalah Sudaryono sebagai Wakil Menteri Pertanian, Thomas AM Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II, dan Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Para wakil menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 45/M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri pada Kabinet Indonesia Maju.

(dhf/khr/fra)