Berita Bagaimana WNI di Luar Negeri Mencoblos saat Pemilu RI?

by


Jakarta, Pahami.id

Indonesia akan mengadakan pesta demokrasi untuk memilih presiden pada 14 Februari.

Pada Pilpres 2024, terdapat tiga pasangan calon (paslon), yakni calon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan calon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.


Menurut informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), warga negara Indonesia (warga negara Indonesia) yang berada di luar negeri mempunyai tiga tata cara memberikan suara pada surat suara.

“Itu pemungutan suara di TPSLN [Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri]Kotak Suara Keliling (KSK) dan posisinya,” demikian keterangan KPU di situs resminya.

KPU menjelaskan, WNI bisa datang ke tempat pemungutan suara (TPS) yang biasanya didirikan di tempat pertemuan WNI atau kedutaan atau konsulat jenderal.

Bagi WNI yang jauh dari lokasi TPSLN dapat memilih dengan cara mencoblos dengan cara mencoblos dan memasukkannya ke dalam kotak suara keliling atau memilih kemudian mengirimkan surat suaranya melalui kantor pos PPLN.

“Proses pemilu di luar negeri akan dilakukan lebih awal atau early voting dibandingkan pemilu di dalam negeri,” demikian bunyi keterangan KPU.

Meski dilakukan terlebih dahulu, namun proses penghitungan dan penghitungan ulang suara dilakukan secara bersamaan seperti di negeri ini.

Pemungutan suara di luar negeri akan berlangsung pada 5 hingga 14 Februari 2024.

Di Tanah Air, masyarakat Indonesia akan menggunakan hak pilihnya pada 14 Februari dengan syarat telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Mereka harus mendatangi TPS terdekat untuk memilih yang akan dimulai pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

(blq/baca)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);