Berita Australia-Selandia Baru Gerak Cepat Bantu Korban Longsor Papua Nugini

by


Jakarta, Pahami.id

Australia sampai Selandia Baru bergerak cepat untuk membantu korban longsor di Papua Nugini.

Longsor yang terjadi pada Jumat (24/5) menyebabkan lebih dari 100 orang meninggal dunia. Sementara 2000 orang lainnya disebut masih tertimbun reruntuhan.


Melihat hal tersebut, Australia dan Selandia Baru memutuskan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada para korban longsor di PNG.

Peluncuran dari situs resmi Kementerian Pertahanan Australiapemerintah akan memberikan bantuan kemanusiaan awal sebesar AU$2,5 juta.

Ini merupakan langkah cepat yang bisa dilakukan pemerintah Australia dengan mengirimkan tenaga ahli teknis ke PNG untuk memberikan bantuan teknis terkait proses evakuasi.

“Australia mendukung rakyat Papua Nugini,” kata Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong.

[Gambas:Video CNN]

“Paket hari ini akan memenuhi kebutuhan mendesak bagi mereka yang terkena dampak tanah longsor yang menghancurkan ini, dan kami siap mempertimbangkan bantuan tambahan,” tambahnya.

Australia disebut akan memberikan pasokan bantuan darurat untuk memenuhi kebutuhan mendesak warga PNG. Ini termasuk peralatan kebersihan dan perlengkapan khusus untuk wanita dan anak-anak.

Bantuan ini kemudian disalurkan melalui Angkatan Pertahanan Australia.

Sama seperti Australia, Selandia Baru akan merespon dengan cepat terhadap PNG yang dilanda tanah longsor di Wilayah Enga.

“Sejak mengetahui bencana tanah longsor yang mengerikan pada hari Jumat, Selandia Baru bertekad untuk memainkan peran kami dalam membantu respons Papua Nugini,” kata Menteri Luar Negeri Winston Peters, seperti dikutip dari situs resmi pemerintah Selandia Baru.

Selandia Baru menawarkan bantuan senilai NZ$1,5 juta yang mencakup hal-hal seperti pesawat kargo C-130 dan ahli teknis tanggap darurat.

Dukungan kami, kata Peters, bersama dengan rincian lebih lanjut mengenai bantuan kepada PNG akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

(val/bac)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);