Berita AS dan China Sama-sama Penting

by


Jakarta, Pahami.id

calon presiden nomor urut 2, Prabu Subiantomempertimbangkan Amerika Serikat Dan Cina keduanya penting bagi Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Prabowo dalam wawancara khusus dengan media AS, Minggu Beritaawal Januari lalu.

“Amerika Serikat dan Tiongkok adalah mitra yang sangat penting bagi kami. Kami memiliki hubungan baik dengan keduanya,” kata Prabowo menjawab pertanyaan betapa pentingnya bagi Indonesia untuk menjaga hubungan dengan dua negara adidaya yang bersaing tersebut.


Prabowo mengatakan ketatnya persaingan antara AS dan China bahkan berdampak pada kawasan Asia Pasifik, termasuk kawasan Asia Tenggara.

Menurutnya, Indonesia dan negara-negara di kawasan lebih punya alasan untuk khawatir dengan ketegangan AS-China karena Asia Pasifik terkena dampak langsung dari meningkatnya hubungan kedua negara.

“Hal ini berisiko memperburuk keamanan dan stabilitas kawasan serta berdampak negatif terhadap perekonomian dan pembangunan kita,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, Indonesia memiliki hubungan yang sangat baik dengan AS dan China. Ia menilai AS sebagai salah satu mitra terpenting Indonesia di berbagai sektor.

Sementara itu, Prabowo mengatakan Tiongkok juga merupakan mitra yang sangat penting bagi Indonesia, terutama dalam hal perdagangan dan perekonomian.

“Dan saya akan berusaha menjaga kemitraan penting ini,” kata Prabowo saat ditanya apa yang akan dilakukannya jika memenangkan Pilpres 2024 terkait hubungan Indonesia dengan AS dan China.

Dalam wawancara tersebut, Prabowo juga mengatakan akan meningkatkan pertahanan dan keamanan Indonesia dalam menghadapi berbagai potensi ancaman dari luar.

“Peningkatan keamanan merupakan salah satu hal yang penting, dimana saya telah menunjukkan komitmen terhadap aparat militer dan keamanan yang terkelola dengan baik selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan,” kata Prabowo dalam wawancara eksklusif.

“Tentu kita membutuhkan tentara yang kuat dan mampu mempertahankan setiap jengkal wilayah kita. Tapi apakah itu cukup jika kita tidak bisa menjamin kemandirian pangan, energi, dan air? Saya kira tidak,” imbuhnya seperti dikutip. Minggu Berita.

Prabowo mengatakan visinya mengenai keamanan lebih luas dan ambisius, karena ia yakin jalan menuju Indonesia yang aman dan kuat adalah melalui pembangunan negara dan kesejahteraan rakyat.

Itu sebabnya setiap jajak pendapat menunjukkan dukungan masyarakat terhadap kami semakin meningkat dari minggu ke minggu, seiring semakin dekatnya pemilu, kata Prabowo.

Katanya, “Rakyat Indonesia tahu bahwa saya adalah orang yang setia. Mereka tahu bahwa saya akan berjuang keras untuk melaksanakan setiap usulan kebijakan…. Itulah sebabnya mereka akan memilih saya.”

(rds)

[Gambas:Video CNN]

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);