Berita AS Bantah Klaim Houthi Serang Kapal Induknya

by


Jakarta, Pahami.id

Resmi Amerika Serikat (AS) membantah klaim kelompok tersebut Houthi Yaman mengklaim telah menyerang kapal induk AS Dwight D. Eisenhower di Laut Merah.

“(Serangan itu) tidak benar,” kata pejabat tersebut, yang menolak disebutkan namanya, menurut Reuters.

Kelompok Houthi yang bersekutu dengan Iran pertama kali melancarkan serangan drone dan rudal di jalur air utama untuk perdagangan pada bulan November.


Serangan ini mereka lakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap militan Palestina di Gaza, tempat Israel melancarkan perang selama lebih dari delapan bulan.

Houthi telah melakukan lebih dari 70 serangan. Mereka telah menenggelamkan dua kapal, membajak kapal lain dan membunuh sedikitnya tiga pelaut.

Meskipun demikian, kapal perang AS berhasil mencegat serangan Houthi hampir setiap hari dan berulang kali menyerang sasaran Houthi di Yaman.

Eisenhower, yang mengakhiri penempatannya di Laut Merah pada hari Sabtu dan akan kembali ke Laut Mediterania, bergegas ke wilayah tersebut beberapa hari setelah serangan Hamas terhadap Israel yang terjadi pada 7 Oktober 2023.

“(Kelompok penyerang kapal induk Eisenhower) melindungi kapal-kapal yang transit di Laut Merah, Bab-el-Mandeb dan Teluk Aden, menyelamatkan pelaut yang tidak bersalah dari serangan yang melanggar hukum oleh kelompok Houthi yang didukung Iran dan membantu mencegah agresi lebih lanjut,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan. sebuah pernyataan. .

Pentagon mengumumkan kapal induk AS Theodore Roosevelt (CVN-71) juga akan mengikuti Eisenhower, menuju perairan Timur Tengah setelah menyelesaikan latihan di Pasifik.

Sebelumnya, kelompok Houthi menyatakan pasukannya telah menyerang Eisenhower di Laut Merah tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Kelompok itu juga mengatakan pihaknya menyerang sebuah kapal komersial, Transworld Navigator, di Laut Arab.

Namun tidak disebutkan secara pasti kapan penyerangan itu terjadi. Dalam pernyataannya, Houthi mengatakan Transworld Navigator menerima serangan langsung dari rudal tersebut.

(tst/sfr)