Berita Apa Itu Demo Rompi Kuning yang Disinggung Gibran saat Respons Mahfud?

by


Jakarta, Pahami.id

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tersinggung demo jaket kuning saat berdebat dengan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Mahfud MD terkait inflasi hijau pada Debat Pilpres Putaran Keempat di JCC, Jakarta, Minggu (21/1).

inflasi hijau mengacu pada kenaikan harga (inflasi) yang terjadi sebagai akibat dari upaya transisi energi.

inflasi hijau Jadi, mari kita berikan contoh sederhana. Demonstrasi rompi kuning di Perancis. Sangat berbahaya. Hal ini telah menimbulkan dampak buruk. Ini yang diharapkan. Jangan sampai hal ini terjadi di Indonesia. “Belajarlah dari negara-negara maju,” jelas Gibran kepada Mahfud.


Jadi apa demo jaket kuning itu?

Gerakan rompi kuning mulai muncul di Perancis pada Oktober 2018 sebelum akhirnya melancarkan demonstrasi pada 17 November 2018.

Sejak itu, banyak negara yang melanjutkan pembatasan besar-besaran yang menyebabkan kemacetan lalu lintas dan kekurangan bahan bakar menjelang musim liburan. Para peserta terus menggelar aksi protes setiap hari Sabtu hingga saat ini.

Demonstrasi tersebut dipicu oleh sistem perpajakan yang memberatkan dan tidak sepadan dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat. Pajak bahan bakar merupakan strategi Presiden Perancis Emmanuel Macron untuk membiayai pengembangan energi ramah lingkungan.

Para peserta mengenakan rompi kuning cerah yang biasa digunakan sebagai bagian dari prosedur keselamatan pengemudi Perancis. Hal ini mencerminkan kesetiaan terhadap kelas pekerja dan rakyat jelata.

Dalam aksinya, para peserta demonstrasi menuntut kenaikan upah minimum, peningkatan kualitas hidup, dan transparansi pemerintah.

(sfr)


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);