Berita Anies Urutan Teratas Top of Mind Pilgub DKI Versi Indikator Politik

by


Jakarta, Pahami.id

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Anies Baswedan peringkat pertama dalam simulasi di pikiran Pemilihan Gubernur Jakarta 2024.

Pendiri dan peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, sebagian besar warga Jakarta sudah punya pilihan meski belum ada calon gubernur yang ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pikiran teratas Artinya, kami tidak memberikan informasi siapa calon gubernur yang akan dihadirkan kepada pemilih. Jadi, terserah pada pemilih untuk memilih siapa pun. Hampir 40 persen, tepatnya 39,7 persen memilih Anies Baswedan, kata Burhanuddin dalam paparannya, Kamis (25/7).


Posisi kedua ditempati Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan perolehan 23,8 persen. Kemudian disusul Ridwan Kamil dengan 13,1 persen.

“Ini tiga teratas. Perbedaan Anies dan Ahok cukup signifikan, begitu pula perbedaan Ahok dan Ridwan Kamil. “Nama-nama lain kecil, di bawah 1 persen,” jelasnya.

Sedangkan Tri Rismaharini di peringkat keempat dengan 1,4 persen dan Erick Thohir dengan 1,1 persen.

Kemudian di posisi keenam ada Erwin Aksa dengan 0,8 persen. Disusul Ahmad Sahroni dengan 0,6 persen dan Heru Budi Hartono dengan 0,4 persen.

“Secara keseluruhan, ini menarik, dalam simulasi di pikiran“Hanya 16 persen yang tidak menjawab secara spontan, artinya cukup kecil,” kata Burhanuddin.

Survei ini dilakukan pada tanggal 18-26 Juni 2024. Populasi sasarannya adalah seluruh WNI di DKI Jakarta yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Jumlah sampel sebanyak 800 responden, dipilih melalui metode multi stage random sampling kemudian diwawancarai secara tatap muka. Ulasan ini telah margin kesalahan +/- 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara hasil survei LSJ menempatkan nama Ridwan Kamil di posisi teratas Pilgub DKI Jakarta dengan perolehan 23,4 persen.

Setelah RK, disusul nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen di peringkat kedua dan Anies di peringkat ketiga dengan 18,4 persen. Survei LSJ ini dilaksanakan pada tanggal 8-15 Januari 2024.

1. Ridwan Kamil 23,4 persen

2. Tri Rismaharini 19,2 persen

3. Anies Rasyid Baswedan 18,4 persen

4. Basuki Tjahaja Purnama 8,7 persen

(Senin/Senin)