Berita Anies Diusung PDIP, Hanura, dan Partai Buruh di Pilgub DKI

by


Jakarta, Pahami.id

Anies Baswedan Kabarnya dia akan diumumkan sebagai calon gubernur PDIP pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2024.

Selain PDIP, beberapa partai non-parlemen juga akan bergabung sebagai partai pendukung. Mereka adalah Partai Buruh, Partai Hanura, dan Partai Ummat.

Sumber internal PDIP menyebutkan Jenderal Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan nama Anies pada gelombang ketiga hari ini, Senin (27/8).


Pukul 11.00 Anies akan dipanggil dulu ke DPP PDIP, kata sumber yang enggan disebutkan namanya.

Sementara itu, Juru Bicara Partai Hanura, Siti Rahmayanti Badjeber mengatakan, pihaknya sudah menyatakan dukungannya terhadap Anies. Namun, dia tak menjawab saat ditanya alasan Hanura mendukung Anies.

“Kami mendukung Pak Anies,” ujarnya.

Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal sudah lama menyatakan dukungannya terhadap Partai Buruh menyusul putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 60. Karena itu, ia memuji PDIP yang berani menyatakan dukungannya kepada Anies.

Mudah-mudahan dengan dukungan PDIP, Pak Anies bisa maju sebagai calon gubernur Jakarta dan besar kemungkinannya untuk menang, ujarnya.

Iqbal belum memastikan apakah akan ada pertemuan antara Anies dan pendukungnya. Dia masih mengamati perkembangannya.

Sementara itu, Parti Ummat mengaku belum menyampaikan sikap resmi mendukung Anies. Meski demikian, Sekjen Parti Ummat Taufik Hidayat mengaku tetap menjaga komunikasi erat dengan Anies.

Ini terus silaturahmi ke Mas Anies, kata Taufik.

Hari ini, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berencana mengumumkan beberapa calon kepala daerah PDIP yang diusung. Pengumuman akan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB.

PDIP mendapat angin segar untuk bersaing di Pilkada DKI setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan mengabulkan tuntutan Partai Buruh dan Gelora. Melalui gugatan ini, ambang batas pencalonan dihitung berdasarkan jumlah DPT, tidak lagi 20 persen kursi DPRD.

(Kamis/Senin)