Berita AHY Diminta Ma’ruf Tangani Kasus Lahan Warga Diserobot Pengembang

by


Jakarta, Pahami.id

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendapat laporan dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengenai tanah warga yang diambil alih pengembang.

Hal itu diungkapkannya usai bertemu kurang lebih satu jam dengan Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wakil Presiden, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (24/2).

“Saya perhatikan langsung, beberapa waktu lalu ada warga yang mengadu ke Wapes karena tanahnya diambil alih orang lain, diambil alih pengembang dan akhirnya nasibnya tidak menentu, kasihan sekali, padahal ini rakyat kecil. ,” kata AHY.


AHY tidak merinci di mana sengketa lahan itu terjadi. Ma’ruf, lanjutnya, memberi masukan bahwa masih banyak permasalahan agraria yang dihadapi masyarakat di berbagai daerah.

<!–

ADVERTISEMENT

/4905536/CNN_desktop/cnn_nasional/static_detail

–>

“Jadi ini tantangan terbesar Kementerian ATR, bagaimana kita bisa sepenuhnya, tentunya tidak terburu-buru atau lupa, tapi melihat secara utuh permasalahan perselisihan tersebut,” ujarnya.

AHY menegaskan Kementerian ATR akan berpihak pada rakyat kecil yang berhadapan dengan mafia tanah. Ia mencontohkan, masih banyak kelompok lemah seperti masyarakat miskin dan pensiunan yang dipermainkan dalam sengketa pertanahan.

“Jika ada masyarakat yang menghadapi mafia tanah, dipastikan Kementerian ATR akan memihak rakyat dan membela rakyat kecil, agar hak-haknya tidak terinjak-injak,” ujarnya.

“Saya sendiri rencananya akan berhubungan langsung dengan Menko Perekonomian Pak Airlangga yang akan bertemu dalam waktu dekat. Karena beliau sebagai koordinator sektor ATR juga mengikutsertakan menteri-menteri lainnya,” imbuhnya.

(rzr/bmw)

!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);