Berita Adik Kim Jong Un Beber Alasan Serang Korsel Pakai Balon Tinja-Sampah

by


Jakarta, Pahami.id

Adik perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong UnKim Yo Jong menjelaskan alasan serangan pemerintah tersebut Korea Selatan menggunakan balon berisi kotoran dan sampah.

Yo Jong membenarkan, sejumlah besar kertas bekas dan sampah berserakan di perbatasan Korea Selatan pada Selasa (28/5) sore.


“Kami sudah mencoba sesuatu yang selalu mereka lakukan, tapi saya tidak mengerti mengapa mereka membuat keributan seperti sedang dibombardir?” kata Yo Jong, dikutip dari AFP.

Yo Jong juga mempertanyakan kritik Korea Selatan yang menyebut tindakan tersebut ilegal. Ia mengibaratkan balon-balon yang sering diterbangkan aktivis Korea Selatan ke perbatasan Korea Utara.

Aktivis Korea Selatan menyebut tindakan tersebut sebagai kebebasan berpendapat.

“Apakah kebebasan berpendapat dan hukum internasional ditentukan oleh arah balon?” kata Yo Jong.

Lebih lanjut, adik Kim menjelaskan bahwa Korea Selatan harus melihat tindakan mereka sebagai “hadiah yang tulus” kepada penganut demokrasi liberal.

Yo Jong juga menegaskan bahwa Korea Utara akan mengirimkan lebih banyak balon sampah ke Korea Selatan.

Sebelumnya, media Korea Selatan merilis gambar balon putih yang meledak berisi sampah dan tanah.

Militer Korea Selatan kemudian mengecam tindakan tersebut sebagai tindakan “kelas rendah”.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan juga mengatakan sebuah benda tak dikenal yang diyakini sebagai selebaran propaganda Korea Utara telah diidentifikasi di perbatasan Gyeonggi-Gangwon.

Ia kemudian mengimbau warga untuk tetap berada di dalam rumah dan tidak melakukan kontak dengan benda tak dikenal tersebut.

Kepala Staf juga mengatakan tindakan Korea Utara melanggar hukum internasional dan tidak manusiawi.

(isa/bac)