Berita 70 Orang Tewas Dibunuh Geng di Haiti, Termasuk Ibu Hamil dan Bayi

by


Jakarta, Pahami.id

Setidaknya 70 orang tewas dalam serangan brutal yang dilakukan oleh anggota geng bersenjata berat di sebuah kota kecil di Haiti pertengahan pekan ini, menurut laporan Kantor Hak Asasi Manusia PBB, Jumat (4/10).

Perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban serangan brutal yang dilakukan kelompok Gran Grif, yang dikenal sebagai kelompok sadis.

Seperti diberitakan Perancis24Bertide Harace, juru bicara Komisi Dialog, Rekonsiliasi dan Kesadaran untuk Menyelamatkan Artibonite mengatakan kepada stasiun radio Magik 9 bagaimana mayat tergeletak di jalan-jalan Pont-Sondé setelah serangan Kamis (3/10) di wilayah Artibonite, banyak dari mereka terbunuh dengan tembakan di kepala.


Perkiraan awal menyebutkan jumlah korban tewas mencapai 20 orang, namun para aktivis dan pejabat pemerintah secara bertahap mengakses kota tersebut dan menemukan lebih banyak mayat. Herace mengungkapkan, di antara korban terdapat seorang ibu muda, bayinya yang baru lahir, dan seorang bidan.

“Kami ngeri dengan serangan geng pada hari Kamis,” kata Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB dalam sebuah pernyataan. Dikatakan 10 wanita dan tiga bayi termasuk di antara mereka yang tewas, dan setidaknya 16 lainnya terluka parah, termasuk dua anggota geng yang tertembak dalam baku tembak dengan polisi.


Kantor Komisaris Hak Asasi Manusia PBB mengatakan anggota geng dilaporkan membakar sedikitnya 45 rumah dan 34 mobil. Motif dari salah satu pembantaian terbesar di Haiti tengah dalam beberapa tahun terakhir ini masih belum jelas.

Serangan semacam ini terjadi di ibu kota Port-au-Prince, 80% di antaranya dikendalikan oleh geng, dan biasanya terkait dengan perang wilayah, dengan anggota geng yang menargetkan warga sipil di wilayah yang dikuasai saingan mereka.

Namun, Pont-Sondé dianggap sebagai bagian dari wilayah Gran Grif itu sendiri. Kelompok ini dibentuk setelah mantan anggota parlemen Haiti Prophane Victor mulai mempersenjatai pemuda di wilayah tersebut untuk memastikan pemilihan dan kendalinya atas wilayah Artibonite hampir satu dekade lalu, menurut laporan PBB.

Pemimpin Victor dan Gran Grif Lucson Elan diblokir oleh AS bulan lalu. Herace mengatakan geng Gran Grif menyerang Pont-Sondé pada Kamis (3/10) sebelum fajar dan menemui sedikit perlawanan, yang menurut beberapa laporan adalah petugas polisi yang berusaha mengusir geng tersebut.

“Geng tersebut memiliki kendali penuh atas wilayah tersebut,” kata Herace.

Pemerintah Haiti telah mengerahkan unit polisi elit yang berbasis di ibu kota Port-au-Prince ke Pont-Sondé setelah serangan tersebut dan mengirimkan pasokan medis untuk membantu satu-satunya rumah sakit di wilayah tersebut, yang kewalahan menangani puluhan orang yang terluka.

“Kejahatan keji ini, yang dilakukan terhadap perempuan, laki-laki dan anak-anak yang tidak berdaya, tidak hanya merupakan serangan terhadap para korban ini, tetapi juga terhadap seluruh negara Haiti,” kata Perdana Menteri Garry Conille dalam pernyataannya pada Jumat (4/10).

Pada Januari 2023, kelompok Gran Grif dituduh menyerang kantor polisi di Liancourt, yang terletak dekat Pont-Sondé, dan membunuh sedikitnya enam petugas. Kekerasan yang dilancarkan kelompok tersebut juga memaksa penutupan sebuah rumah sakit pada Februari 2023, yang melayani lebih dari 700.000 orang.

(Wow)