Berita 7 Sekte yang Menggemparkan Dunia, Termasuk Kasus Pembunuhan Massal

by

Jakarta, Pahami.id

Streaming atau sekte Ajaran sesat telah menyita perhatian masyarakat dunia selama puluhan tahun dengan kisah asal-usulnya, pendirinya, hingga kematian misterius para anggotanya yang sekaligus meresahkan.

Sekte dalam arti sempit diartikan sebagai kelompok agama yang dicirikan oleh kontrol total di bawah pemimpin yang karismatik, visi apokaliptik atau kultus apokaliptik, isolasi dari masyarakat, penekanan pada pengalaman spiritual, dan eksploitasi anggota, dikutip dari Inggris.

Sejak tahun 1960-an, sekte atau aliran sesat telah berkembang di Amerika Serikat dan menarik banyak penganutnya. Ada kekhawatiran yang meluas di masyarakat ketika para pengikutnya mengisolasi diri dari keluarga mereka dan mengabdikan hidup mereka pada sekte sesat.


Gerakan anti aliran sesat atau anti sesat mencapai puncaknya pada tahun 1970an ketika muncul gagasan bahwa anggota aliran sesat sedang dicuci otak.

Berikut daftar sekte yang mengguncang dunia.

1. Kuil Rakyat

Lebih dari 900 orang, kebanyakan anak-anak, tewas dalam bunuh diri massal pada bulan November 1978 ketika mereka meminum minuman beralkohol yang mengandung sianida atas perintah pemimpin mereka Jim Jones, dilaporkan oleh Penjaga.

Pendeta Jones, pemimpin karismatik sekte Amerika di hutan Guyana, memerintahkan para pengikutnya untuk membunuh seorang anggota kongres Amerika Serikat dan beberapa jurnalis sebelum pembantaian terjadi.

Pembantaian Jones adalah salah satu kematian warga sipil yang disengaja terbesar dalam sejarah Amerika, selain 9/11.

Jones termasuk di antara 900 orang yang meninggal di hutan Guyana karena meminum sianida.

2. Keluarga Manson

Rentetan pembunuhan yang dilakukan keluarga Manson masih terpatri dalam ingatan masyarakat Amerika Serikat.

Charles Manson, pemimpin kriminal dan aliran sesat Amerika, dan para pengikutnya melakukan pembunuhan terkenal pada akhir tahun 1960an.

Kejahatan mereka menginspirasi terciptanya buku berjudul Helter Skelter pada tahun 1974.

Pada tanggal 8 Agustus 1969, anggota keluarga Manson tiba di rumah Sharon Tate di Hollywood Hills dan menikam, memukul, dan menembak mati aktris muda tersebut dan teman-temannya, penata rambut selebriti Jay Sebring, pewaris kopi Abigail Folger, dan istrinya- calon dan penulis naskah. Wojciech Frykowski.

Malam berikutnya, Manson dan para pengikutnya pergi ke kediaman saudagar kaya Leno LaBianca dan istrinya, Rosemary, untuk mengikat dan membunuh mereka.

Manson dan para pengikutnya juga membunuh musisi Gary Hinman dan stuntman Hollywood Donald “Shorty” Shea di waktu yang berbeda.

Laporan dari Majalah SmithsonianManson menggunakan pengikut wanitanya untuk menarik pria agar bergabung dengan aliran sesatnya.

Anggota aliran sesat Manson dilarang memakai kacamata atau membawa uang serta diwajibkan mendengarkan khotbahnya tentang masa lalu, masa kini, dan masa depan.

3. Rajneeshpuram

Rajneeshpuram adalah sekte yang didirikan oleh seorang guru India, Bhagwan Shree Rajneesh.

Rajneesh dikenal karena kesenangannya pada hal-hal duniawi yang dibuktikan dengan kepemilikannya atas 93 mobil Roll Royce dan hubungan seks bebas.

Sekte ini menjadi perhatian publik ketika kisah Rajneesh didokumentasikan dalam serial Netflix “Wild Wild Country”.

Laporan dari Institut Penelitian KristenDaya tarik Rajneesh sebagian datang dari penggunaan “yoga tantra”, yang melibatkan ketelanjangan dan seks kasual di asramanya, dan sebagian lagi dari penggabungan berbagai terapi dan teknik “psikospiritual” yang populer.

Noa Maxwell, salah satu anak yang orangtuanya menganut sekte Rajneesh, menceritakan apa yang dialaminya selama berada di asrama.

Terdapat gubuk anak berbentuk bangunan bambu segi delapan dengan tempat tidur susun. Noa dan anak-anak lain dari Australia, Jerman dan Amerika ditinggal sendirian.

“Ada sebuah sekolah yang dikelola oleh seorang hippie Inggris gila bernama Sharma dengan rambut pirang panjang dan gitar dan kami akan menyanyikan ‘Kita semua hidup di kapal selam oranye’. Saya tidak tahu betapa pentingnya apakah kami bersekolah atau tidak. … Ketika saya akhirnya kembali ke negara ini ketika saya berumur 10 tahun, saya tidak bisa membaca apa pun atau menulis apa pun, atau melakukan dua tambah dua.” kata Noa dikutip dari Penjaga.

Klip film yang diambil oleh seorang Jerman di asrama Poona memperlihatkan pesta kekerasan di tengah ruangan. Noa menyaksikan beberapa orang bertingkah laku dan memiliki emosi yang aneh.

“Tertawa adalah cara untuk mengatakan aku baik-baik saja dengan perasaanku” dan suatu malam ribuan orang tiba-tiba tertawa histeris, menangis sambil tertawa,” kata Noa.

Bersambung di halaman berikutnya…


!function(f,b,e,v,n,t,s){if(f.fbq)return;n=f.fbq=function(){n.callMethod?
n.callMethod.apply(n,arguments):n.queue.push(arguments)};if(!f._fbq)f._fbq=n;
n.push=n;n.loaded=!0;n.version=’2.0′;n.queue=[];t=b.createElement(e);t.async=!0;
t.src=v;s=b.getElementsByTagName(e)[0];s.parentNode.insertBefore(t,s)}(window,
document,’script’,’//connect.facebook.net/en_US/fbevents.js’);

fbq(‘init’, ‘1047303935301449’);
fbq(‘track’, “PageView”);