Berita 4 Poin Hasil Pertemuan Joe Biden dan Xi Jinping di KTT APEC

by
Jakarta, Pahami.id

Presiden Tiongkok Xi Jinping pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di luar Konferensi Tingkat Tinggi Kerjasama Ekonomi Negara-negara Asia Pasifik (KTT APEC) di San Francisco pada Rabu (15/11).

Kedua pemimpin kedua negara bertemu selama empat jam untuk membahas hubungan Tiongkok dan Amerika yang disebut-sebut semakin membaik. Biden juga mengatakan dia setuju dengan Xi untuk menerima telepon dan mengobrol selama masa perselisihan.

Berdasarkan laporan tersebut CNNTujuan utama pembicaraan Biden dengan Xi tampaknya adalah memulihkan komunikasi, terutama melalui militer, untuk menghindari miskomunikasi yang dapat memicu konflik terbuka kedua negara.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN KONTEN

Selain itu, Biden juga mengatakan Tiongkok setuju untuk mengejar perusahaan-perusahaan yang memproduksi bahan kimia prekursor fentanil yang menyebabkan krisis obat-obatan di AS.

Meski demikian, Biden tetap memandang Xi sebagai diktator setelah keduanya bertemu di luar konferensi.

Berikut empat hal yang dibahas Joe Biden dan Xi Jinping di sela-sela KTT APEC.

1. Jaga hubungan agar tidak terjadi konflik

Seorang pejabat senior AS mengatakan Biden dan Xi membahas lebih banyak hal dalam pertemuan ini dibandingkan tahun lalu. Apalagi keduanya lebih blak-blakan dalam pertemuan tersebut.

Media pemerintah China menyebut Xi meminta AS tidak membuat rencana menindas Negeri Tirai Bambu, begitu pula sebaliknya.

“Tiongkok tidak mempunyai rencana untuk mengalahkan atau menggulingkan Amerika Serikat, dan Amerika Serikat tidak boleh membuat rencana untuk menindas atau membentuk Tiongkok,” kata Xi, seperti dilansir Xinhua.

2. Invasi Israel ke Gaza

Xi Jinping disebut lebih banyak mendengarkan saat Joe Biden membahas invasi Israel ke Gaza, Palestina. Biden berupaya mendorong Xi agar menggunakan pengaruhnya terhadap Iran untuk melawan eskalasi yang lebih luas.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, mengaku sudah berkomunikasi dengan Iran mengenai topik tersebut. Namun, tanggapan Iran terhadap permintaan Tiongkok belum diketahui.

Biden juga menegaskan kepada Xi bahwa ia menganggap Hamas sebagai entitas yang terpisah dari Palestina. Biden sebelumnya berulang kali mengatakan bahwa Hamas adalah organisasi teroris.

[Gambas:Video CNN]

Lanjutkan ke berikutnya…