Berita 3 Calon Pilkada Medan, Ponakan Surya Paloh hingga Dokter Bedah Syaraf

by


Medan, Pahami.id

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Medan 2024 dihadiri secara resmi oleh tiga pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

Ketiga pasangan ini telah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan.


Ketiga paslon tersebut kemudian menjalani tes kesehatan yang dijadwalkan KPU.

Pasangan pertama adalah Rico Waas – Zakiyuddin. Rico Waas merupakan keponakan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Rico juga menjabat Wakil Ketua DPW NasDem Sumut. Sedangkan Zakiyuddin merupakan Ketua DPC Parti Gerindra Padanglawas Utara.

Pasangan ini awalnya mendapat dukungan dari enam parpol yakni NasDem, PKB, Gerindra, PAN, Golkar, dan Perindo. Belakangan, Demokrat dan PSI bergabung dalam koalisi setelah menggulingkan Wakil Wali Kota petahana Aulia Rachman.

Lalu, pasangan kedua adalah Ridha Dharmajaya – Abdul Rani. Ridha Dharmajaya merupakan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) dan juga dokter spesialis bedah saraf.

Sedangkan Abdul Rani tercatat sebagai Ketua DPC PPP Kota Medan. Ia juga merupakan anggota DPRD Medan periode 2019-2024. Pasangan ini didukung delapan partai politik yakni PDIP, PPP, Hanura, Buruh, Gelora, Ummat, PKN dan PBB. Namun, hanya PDIP dan Hanura yang mendapat kursi di DPRD Medan.

Pasangan ketiga adalah Hidayatullah-Yasir Ridho Lubis. Pasangan ini didukung oleh Parti Keadilan Sejahtera (PKS).

Hidayatullah awalnya merupakan calon wakil wali kota Medan mendampingi calon wali kota Aulia Rachman. Belakangan ini UKM lebih memilih mencalonkan kadernya sendiri. Partai tersebut memasangkan Hidayatullah sebagai calon wali kota dengan Yasir Ridho Lubis sebagai calon wakil wali kota.

Hidayatullah merupakan politikus senior PKS. Saat ini ia menjabat sebagai anggota DPR-RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Sumatera Utara I yang meliputi Deli Serdang, Serdang Bedagai, Kota Medan, dan Kota Tebing Tinggi.

Sebelum menjadi anggota DPR-RI, Hidayatullah pernah menjadi anggota DPRD Deli Serdang 1987-1999 dan DPRD Sumut 2004-2014 selama bertahun-tahun. Sedangkan Yasir Ridho Lubis tercatat sebagai kader Golkar.

Sementara itu, Wali Kota Medan saat ini, Bobby Nasution, memilih ‘naik kelas’ untuk ikut serta dalam Pilgub Sumut pada Pilkada Serentak 2024.

Menantu Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang didukung koalisi gajah, KIM Plus, akan melawan petahana Edy Rahmayadi yang didukung PDIP.

(fnr/anak)